Bale KBBPamong

219 Hewan Kurban di KBB Tak Layak

Disnakan KBB sosialisasi cara sembelih hewan kurban. by ist
Disnakan KBB sosialisasi cara sembelih hewan kurban. by ist

NGAMPRAH – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan KBB Unang Husni Tamrin mengatakan, dari hasil pemeriksaan 2.700 sapi, 100 kambing, dan 10 kerbau, ditemukan sebanyak 219 hewan yang belum cukup umur. Untuk itu pihaknya meminta agar penjual tidak menjual hewan tersebut ke masyarakat.

“Selain melalui pemeriksaan langsung, kami juga menyebarkan selebaran ke desa, kecamatan, dan pemilik lapak hewan kurban,” kata Unang di Ngamprah, Rabu (30/8/17).

Para pemilik lapak juga diminta untuk menyediakan tempat yang layak bagi hewan yang dijualnya. Seperti tempat yang teduh, adanya surat keterangan sehat hewan, dan menyediakan tempat minum bagi hewan. “Kami juga meminta masyarakat untuk melapor, karena pengawasan dilakukan hingga H+3 pemotongan,” kata dia.

Tahun lalu di KBB hewan kurban untuk domba ada 18.432 ekor, kambing 30, sapi 2.260, dan kerbau 42. Sedangkan tahun ini diprediksi jumlah hewan kurban mencapai 25.000 ekor. Untuk itu pihaknya juga menyiapkan label sehat untuk hewan kurban sebanyak 30.000 terdiri dari 25.000 untuk domba dan 5.000 untuk sapi. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close