Bale KBBPamong

500.000 Anak di KBB Jadi Target KIA

Kartu Identitas Anak (KIA)
Kartu Identitas Anak (KIA)

NGAMPRAH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan mendistribusikan 2.000 Kartu Identitas Anak (KIA). KIA itu diperuntukan bagi anak yang berusia 0-17 tahun atau sebelum mereka memiki KTP.

“Rencananya kami akan meluncurkan sebanyak 2.000 KIA. Untuk tahap awal, disediakan 10.000 blangko KIA,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB Wahyu Diguna, di Ngamprah, Senin (21/8/17).

Sasaran KIA di Bandung Barat yaitu sekitar 500.000 orang. Mereka berusia 0 tahun-17 tahun kurang sehari dan belum menikah. KIA berfungsi layaknya KTP elektronik.

Syarat untuk mengajukan pembuatan KIA yaitu melampirkan fotokopi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan KTP orangtua. Khusus untuk warga usia 5 tahun ke atas, wajib melampirkan foto berwarna.

“Setelah jadi, KIA untuk usia 0-5 tahun tidak menampilkan foto, sedangkan usia 5 tahun ke atas menampilkan foto seperti KTP elektronik,” ujarnya.

Menurutnya KIA merupakan program pemerintah pusat untuk menertibkan administrasi penduduk dan memberikan hak konstitusional bagi mereka. Pembuatan KIA mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2/2016 tentang KIA. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close