Bale Politik

9.552 Napi di Jabar Tak Bisa Nyoblos

Kakanwilkumham Jabar, Liberti Sitinjak

BANDUNG, Balebandung.com – Warga binaan atau narapidana di Jawa Barat, akan melakukan pencoblosan pemilu 2019 , Rabu 17 April. Dalam pemilu yang digelar serentak, narapidana di Jawa Barat yang kini berjumlah 24.328 tersebar di 33 UPT Rutan dan Lapas

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Jabar, Liberti Sitinjak menyebutkan dari jumlah 24.328 narapidana, yang mendapat kan surat panggilan memilih sebanyak 14.776 orang narapidana.

“Ada 14.776 orang yang mendapatkan undangan untuk memilih,” sebut Liberti di Kantor KemenkumhamWil Jabar, Selasa (16/4/19).

Liberti menambahkan, sebanyak 9.552 narapidana tidak mendapatkan hak pilih karena berbagai hal. “Jadi, ini ada akumulasi, narapidana di Jabar sebanyak 9.552 orang tak punya hak pilih. Ini karena berbagai hal, seperti WNA, masih di bawah umur dan tidak terdaftar di daerah asal,” jelasnya.

Untuk warga binaan yang tidak menerima surat panggilan mencoblos, sambung Liberti, pihaknya sudah memberikan pengertian. “Sudah kita berikan pemahaman, dan ini kita lakukan di seluruh Rutan dan Lapas di Jabar, agar bisa memahami situasi ini,” paparnya.

Diakui Kakanwil, pihak UPT sudah berkordinasi dengan KPU kabupaten dan kota setempat jauh-jauh hari, perihal jumlah pemilih di 92 TPS Rutan atau Lapas. “Kordinasi sudah dilakukan , jika banyak napi tak masuk DPT, itu menjadi domain KPU,” tukasnya.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close