Bale KBB

Akhirnya Bandung Barat Raih Opini WTP

Bupati Bandung Barat Aa Umbara (kanan) saat menerima opini WTP secara virtual, di Lantai 3 Gedung Utama Komplek Perkantoran Pemda KBB di Ngamprah, Jumat (26/6/20).

NGAMPRAH, Balebandung.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

LHP LKPD tersebut disampaikan secara virtual dalam aplikasi zoom oleh Ketua Perwakilan BPK RI Propinsi Jabar Arman Syifa, di Lantai 3 Gedung Utama Komplek Perkantoran Pemda KBB di Ngamprah, Jumat (26/6/20).

Ketua BPK RI Perwakilan Jabar, Arman Syifa mengucapkan selamat pada KBB atas capaiannya itu. “Selamat buat KBB yang baru pertama kalinya mendapat WTP,” ucap Arman.

Arman mengatakan, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dan bukan merupakan jaminan bahwa yang disajikan oleh pemda sudah terbebas dari fraud atau kecurangan lainnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, KBB delapan kali hanya meraih Wajar Dalam Pengecualian (WDP). “Alhamdulilah, di tahun ini 2020 KBB meraih WTP,” ucap Aa Umbara.

Raihan WTP ini menurutnya merupakan sejarah untuk KBB bertepatan dengan HUT ke-13 KBB. “Keberhasilan KBB meraih WTP merupakan hasil dari kerja keras seluruh SKPD untuk mewujudkan hasil yang terbaik dengan opini WTP,” tandasnya.

Ketua DPRD KBB, Rismanto mengucapkam selamat untuk Pemda KBB atas peraihan WTP. “Akhirnya penantian untuk mendapatkan opini WTP bisa terwujud. Opini WTP ini juga sebagai kado HUT KBB ke-13. Semoga dengan WTP ini, penyelenggaraan pemerintahan KBB terus menjadi lebih baik,” ucap Rimanto.

Selain KBB, kabupaten lainnya yang berhasil meraih WTP tahun 2019 adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Subang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close