Bale JabarBale Kab Bandung

Anggaran Besar Semestinya Menjadikan Pelayanan Pendidikan Bisa Lebih Baik

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung, H. Endang.

Kab. Bandung. Balebandung.com – Anggaran besar tidak menjadikan pelayanan pendidikan yang diterima masyarakat menjadi baik. Meskipun Program pemerintah di bidang pendidikan sangat bagus, tapi dilapangan banyak ditemukan penyimpangan-penyimpangan. Kenyataan ini jelas harus disikapi dengan benar.

Besaran anggaran dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kota / Kabupaten, dikatakan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung, H. Endang, yang diperkirakan mencapai 20% dari total anggaran, semestinya sudah menjadi pelayanan pendidikan menjadi baik. 

“Kenyataannya pembelajaran melalui gadget yang diharapkan bisa sebagai alternatif ternyata tidak menjadikan siswa cerdas, melainkan pintar dalam bermain game,” katanya melalui telepon, Minggu (2/5/2021).

Jadi disini ada peran terbalik, lanjut dia, orang tua yang semestinya mendampingi anak belajar malah sebaliknya orang tua yang menjadi siswa, karena harus mengerjakan tugas dari sekolah. 

Endang mengakui, di masa pandemi COVID-19 ini, kewaspadaan memang harus ditingkatkan guna menghindari ancamannya. Namun solusi dari pelayanan pendidikan pun semestinya harus juga difikirkan agar dalam memberikan pelayanan pendidikan sesuai harapan.

Untuk itu, dia menambahkan, diperlukan untuk evaluasi dan pengetahuan yang masiv agar penyelenggaraan pendidikan benar-benar mencapai target yang sudah ditetapkan pemerintah.

Begitu pula dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), ungkap dia, anggaran demikian besar tapi tidak tampak dengan kualitas pendidikan. Selain itu masih banyak kekurangan sarana dan prasarana penunjang yang seharusnya tidak terjadi.

“Jadi menurut saya, kualitas pendidik juga masih jauh dari harapan. Sertifikasi tak ubahnya hanya formalitas. Dan pemerintah harus mengubah sistem penyelenggaraan pendidikan yang efektip dan efisien tapi menghasilkan peserta didik yang berkualitas,” ujar dia. (Fattah).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close