Bale Kab Bandung

BPOM-Komisi IX DPR RI Bagikan 8.500 Paket Sembako ke Masyarakat

Anggota Komisi IX DPR RI dr Adang Sudrajat membagikan paket sembako dari BPOM, di Graha Berkah Sadaya Kec Baleendah Kab Bandung, Senin (9/11/20). by BPOM

BALEENDAH, Balebandung.com – Sebanyak 8.500 paket sembako dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang terdampak ekonomi Pandemik Covid-19.

Pembagian dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di Graha Berkah Sadaya Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (9/11/20).

Anggota Komisi IX DPR RI dr Adang Sudrajat menyampaikan terima kasih kepada BPOM yang telah memberi kepercayaan kepadanya dalam penyaluran ribuan paket sembako tersebut.

Pada acara yang dihadiri perwakilan penerima tersebut Adang berpesan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Makanan sehat terbukti memberikan dampak baik bagi imunitas tubuh di masa pandemik ini.  Setiap pangan olahan baik yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki izin edar yang diterbitkan oleh kepala BPOM,” pesan Adang kepada hadirin.

Tapi, tukas dia, ada juga pangan olahan yang tidak wajib didaftarkan di BPOM seperti industri rumah tangga, mempunyai masa simpanan kurang dari 7 hari, diimpor dalam jumlah kecil untuk keperluan sesaat.

Oleh sebab itu, imbuh Adang, makanan yang halal dan thoyyib perlu diperhatikan sebagai langkah preventif untuk mencegah berbagai penyakit.

Menurutnya, BPOM dan Majelis Ulama Indonesia memang sangat diperlukan mengingat tugasnya adalah mengkaji dan mengawasi makanan, minuman dan obat–obatan termasuk kosmetika yang beredar di Indonesia.

“Apakah telah memenuhi syarat halal dan thoyyib atau tidak. Maka keberadaanya perlu terus didukung termasuk dalam hal penyelenggaraan KIE ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat,” kata Adang.

Pada kesempatan itu Kepala Seksi Registrasi Pangan Olahan Resiko Rendah BPOM, Bagus Irwan Ruswandi, STP., MKM juga memandu peserta tentang cara mengetahui izin edar suatu produk.

Bagus menjelaskan peran BPOM dalam pengawasan keamanan pangan. Diantaranya adalah verifikasi implementasi CPPOB sarana UMKM Pangan, sosialisasi cara produksi pangan olahan yang baik, pelayanan  prima registrasi pangan olahan UMKM dan e-Learning, keamanan pangan untuk tenaga penyuluh kemanan pangan dan Distric Food Inspector.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close