Bale JabarOlahraga

Bulan Puasa, Porsi Latihan Para Lifter Jabar Tak Berkurang

angkat-beratBANDUNG – Sebanyak 15 lifter atau atlet yang tergabung dalam Pelatihan Daerah (Pelatda) angkat berat Jawa Barat tetap berlatih normal meski tengah berpuasa. Tim pelatih tidak menurunkan persentase program latihan selama bulan Ramadan. Kemampuan menjalankan program latihan dikembalikan kepada masing-masing atlet.

Pelatih Usdi Permana mengatakan bahwa program yang sama akan berlangsung hingga pekan depan. “Selama bulan puasa, tim pelatih tidak menurunkan persentase program latihan. Tetapi tergantung kepada atletnya, kita tidak memaksakan. Ada atlet yang mampu menyelesaikan, ada yang tidak. Mereka berlatih sehari dua kali,” ujar Usdi.

Meski begitu, kata Usdi, mayoritas atlet mampu berlatih dan menyelesaikan program 100% setiap hari. Salah satu faktor yang membantu program tersebut adalah asupan makanan yang baik dan vitamin yang dikonsumsi atlet. Usdi mengaku, karena berpuasa berat badan anak asuhnya mengalami sedikit penurunan.

Selama Ramadan, yang menjadi fokus latihan adalah memantapkan power (kekuatan) dan teknik angkatan. Kata Usdi, porsi perbandingan latihan bisa power 70% dan teknik 30% atau 60% power dan teknik 40%.

Para atlet yang dipersiapkan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat itu akan menjalani program latihan lebih intensif pascalebaran. Di Bulan Juli mereka akan bertandang ke Bali untuk menjalani try out sekaligus penyegaran.

“Karena waktu semakin dekat dengan penyelenggaraan PON, setelah Lebaran mereka akan digenjot latihan pagi dan sore. Tidak ada waktu lagi. Kalau diterapkan di bulan puasa sangat riskan,” kata Usdi.

Dengan kekuatan 8 lifter putra dan 7 lifter putri, PABBSI Jawa Barat menargetkan minimal meraih 4 keping medali emas di cabang olah raga angkat berat. Usdi menyebut, target tersebut optimistis dapat tercapai di beberapa kelas yang menjadi unggulan Jawa Barat. Pada saat latihan dan tes banyak angkatan beban atlet yang naik baik pada angkatan deadlift, bench press, maupun squat. Bahkan ada diantaranya yang melampaui rekor nasional.[bar]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close