Bale Kab Bandung

Bupati Bandung Tanam Pohon Aren di Rancabali

Bupati Bandung Dadang M Naser saat menanam bibit pohon aren di kawasan Curug Tilu, Desa Cipelah, Kec Rancabali, Minggu (9/2/20). by epul/bbcom

RANCABALI, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang M Naser menanam bibit pohon aren di kawasan Curug Tilu, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (9/2/20).

Penanaman ratusan bibit pohon aren ini dilakukan dalam rangka “Bulan Menanam” yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung. Lebih dari dalam rangka pelaksanaan Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pola Tanam Perlindungan dan Konservasi di Lahan Kritis dan sebagai Sumber Resapan Air.

Menurut bupati, Pemkab Bandung akan mengembangkan tanaman aren dengan menambah luas lahan tanamnya. Pihaknya berencana menggandeng Perhutani Bandung Selatan dan PT Perkebunan Nusantara 8 untuk merealisasikannya.

“Selama ini para petani di Rancabali mendapatkan penghasilan tambahan dari budi daya pohon aren. Kita akan kembangkan areal perkebunan pohon aren ini sampai bisa menjadi kawasan agrowisata. Sehingga secara ekonomi pun petani di sini bisa lebih sejahtera,” kata Dadang kepada wartawan usai penanaman.

Untuk tahap awal pihaknya berencana menambah luas perkebunan aren hingga 100 hektare. Lahannya kita akan siapkan, sebagian dari lahan perkebunan teh, bisa juga bekerjasama dengan PTPN 8 dan Perhutani,” ungkapnya.

Dadang menjelaskan budi daya tanaman aren sangat banyak manfaatnya. Dari tanaman aren bisa jadi gula aren atau gula kawung yang banyak disebut gula merah. Airnya bisa diminum berbentuk air nira atau air lahang, dari serabut ijuknya bisa digunakan untuk budidaya ikan lele, dari buahnya jadi manisan cangkaleng.

Dari pohon ini juga bisa menjadi bahan tepung aci, dari ranting daunnya bisa dijadikan bahan sapu lidi, bahkan serabutnya biasa digunakan untuk bahan bangunan atap rumah. Pohon aren juga merupakan tanaman yang keras sehingga mampu meminimalisir longsor dan berfungsi sebagai resapan air.

“Karena banyak manfaatnya itulah, kita akan kembangkan perkebunan aren ini, terutama di lahan-lahan kritis. Di Kabupaten Bandung perkebunan aren ini bukan di Rancabali saja. Saya juga sudah menanam di Kecamatan Paseh, Cilengkrang, juga Kecamatan Cimenyan,” ujar Dadang.

Turut serta dalam penanaman aren ini Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto, Kepala DLH Kab Bandung Asep Kusumah, Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close