Bale KBBEkonomi

Darus Ajak Masyarakat Perangi Pembajakan

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana saat reses di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab Bandung Barat, Rabu (9/8). by dul/bbcom
Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana saat reses di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab Bandung Barat, Rabu (9/8). by dul/bbcom

PADALARANG – Pembajakan hak cipta di Indonesia hingga kini masih marak. Bahkan Kota Bandung dinyatakan sebagai daerah yang pembajakannya sangat tinggi se-Indonesia. Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana mengakui hal tersebut. Untuk memeranginya maka harus melibatkan berbagai elemen termasuk juga masyarakat.

“Pembajakan ini sudah dilakukan secara massif. Oleh karenanya penanganannya harus melibatkan masyarakat, seniman, dan budayawan,” kata Darus, sapaan Dadang Rusdiana, saat ditemui di sela reses di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab Bandung Barat, Rabu (9/8/17).

Darus menjelaskan, penanganan pembajakan saat ini ditangani oleh Satuan Petugas Pengaduan Penaganan Pembajakan yang dibentuk Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf).

Ia juga mengungkapkan, pada 2014-2015, pembajakan menyebabkan kerugian negara hingga Rp 65 triliun. Terkait dengan hal ini, dia dan rekan-rekannya di Komisi X juga diminta oleh para artis untuk mengadukan hal itu kepada Presiden.

“Pembajakan kini telah menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di Indonesia. Dan Kota Bandung disebut sebagai salah satu daerah dengan produk bajakan terbesar,” ungkapnya. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close