Bale JabarOlahraga

Dinodai Doping, PON/Peparnas Tetap Luar Biasa

PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar mengumumkan hasil tes doping para atlet dan paralimpian dalam konferensi pers di Ruang Sanggabuana Gedung Sate, Senin (9/1). by Humas Pemprov Jabar
PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar mengumumkan hasil tes doping para atlet dan paralimpian dalam konferensi pers di Ruang Sanggabuana Gedung Sate, Senin (9/1). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Komite Nasional Olahraga Indonesia mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XIX dan Pekan Paralimpik Nasional XV, 2016 Jawa Barat. KONI menilai penyelenggara sudah melakukan tugasnya pokoknya dengan baik, termasuk mencabut medali dan pembatalan bonus terhadap atlit yang terbukti doping.

“Kami KONI Pusat memberikan apresiasi kepada PB PON Jabar karena sudah melakukan tugas sebagaimana mestinya berdasarkan aturan PON,” ucap Wakil Ketua Umum KONI Pusat Inugroho dalam konferensi pers di Gedung Sate, Senin (9/1/17) .

Apresiasi terhadap PB PON/Peparnas Jabar juga diberikan karena penyelesaian permasalahan doping bisa dibereskan dengan cepat. “Penyelesaian persoalan ini sangat cepat, terlihat lambat hanya karena berbagai institusi yang harus berhubungan untuk menyikapi hal ini,”sebut dia.

Langkah tegas dilakukan oleh penyelenggara yang bahkan tak segan memberikan sanksi tegas terhadap 5 perserta tuan tumah ajang multievent nasional tersebut.

Sukses PON XIX dan PAPARNAS XV juga memecahkan berbagai rekor nasional bahkan internasional. Pemecahan rekor terjadi pada 10 cabang olahraga dengan membukukan 123 rekor PON, 72 rekor nasional rekor.

Sementara di Peparnas tiga cabang olahraga juga ikut memecahkan rekor nasional mencapai 177 dan 9 rekor ASEAN. “Sebagian kecil mengalahkan rekor Sea Games dan Asean Games. Bahkan ada yang setara rekor dunia,” sebut ,Ahmad Heryawan, Ketua Umum PB PON XIX/Peparnas XV.

Kendati diwarnai aksi doping dari sejumlah kecil atlit dan penarikan medali terhadap sejumlah atlit, kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap klasemen juara umum PON/Peparnas.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close