Bale Kab Bandung

dr Adang Sudrajat: Filosofi Silih Asah Asih Asuh sebagai Implementasi dari Pancasila

Anggota MPR RI dr Adang Sudrajat saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Bumi Cirasea, Kp.Kangkareng, Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Rabu (26/5/21).

CIPARAY, Balebandung.com – Anggota MPR RI dr Adang Sudrajat mengajak masyarakat untuk menguatkan kekokohan keimanan di tengah ujian kehidupan berupa masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan datangnya musibah silih berganti.

“Saat ini waktunya untuk kita banyak berintrospeksi atau evaluasi diri, bahwa kejadian bencana bisa jadi karena ulah manusia juga,” ucap dr Adang saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Bumi Cirasea, Kp.Kangkareng, Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Rabu (26/5/21).

Anggota DPR RI Fraksi PKS ini juga berpesan agar masyarakat membiasakan hidup harmoni dengan alam agar terhindar dari berbagai bencana.

“Kokohkan pendirian, karena tidak sedikit musibah yang datang mengguncang jiwa dan psikologis. Sebagai insan Pancasila, masyarakat sebaiknya senantiasa memohon pertolongan kepada Allah SWT,” imbuh Adang.

Ia pun berpesan, sebagai warga Jawa Barat, agar terus menghidupkan kearifan lokal silih asah, silih asih, silih asuh, dalam menghadapi bencana ini.

“Filosofi silih asah, asih, asuh ini sebagai perwujudan implementasi kehidupan masyarakat Jawa Barat, yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara,” terangnya.

Di hadapan puluhan peserta yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, Adang menyampaikan terkait rencana pemerintah untuk memberlakukan sertifikat tanah digital, selain dari sertifikat bentuk fisk.

“Kita ikuti saja arahan pemerintah tersebut, dengan tetap berhati-hati terhadap oknum yang memanfaatkan situasi dengan berdalih menarik sertifikat tanah yang sudah ada, dengan alasan untuk diganti ke sertifikat digital. Sebab sertifikat tanah bentuk fisik tetap berlaku dan harus dijaga,” pesan dr Adang Sudrajat. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close