Bale Kab Bandung

dr Adang Sudrajat: Pemuda Harus Kreatif dan Kontributif kepada Nusa Bangsa

Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Adang Sudrajat, MM.AV saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Graha Berkah Sadaya, Kec Baleendah, Kab Bandung, Minggu (20/9/20). by iwa/bbcom

BALEENDAH, Balebandung.com – Anggota MPR RI dr. Adang Sudrajat, MM berpesan agar pemuda perlu belajar kepada para founding father bangsa ini dalam mengelola negara.

Pada awal berdirinya negara ini, kata dr Adang, para founding father melakukan berbagai gerakan diantaranya gerakan politik dengan aktif dalam berbagai perundingan dan peran aktif loby internaSional untuk mencapai Indonesia merdeka.

Termasuk gerakan sosial dengan menyatukan seluruh komponen bangsa dari berbagai suku bangsa, gerakan ekonomi, sampai dengan gerakan fisik perang mengusir penjajah.

“Dalam konteks kekinian, pemuda hari ini harus berjuang dalem mempertahankan Pancasila sebagai konsensus bersama, dasar pijakan pondasi bangunan bernegara,” tandas Adang saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Graha Berkah Sadaya Baleendah, DPD PKS Kabupaten Bandung, Minggu (20/9/2020).

Adang menjelaskan, Pancasila pada sila pertama melingkupi Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya melingkupi jagat raya ini. Sila kedua mencerminkan lingkup dunia, sila ketiga Persatuan Indonesia melingkupi keindonesiaan. Sedangkan politik dan kepemimpinan tercermin dari seila keempat dan sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sementara cita-cita kemerdekaan RI, tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Antara lain mencerdaskan kehidupan bangsa, berkontribusi terhadap ketertiban dunia dan ikut serta dalam perdamaian dunia, melindungi segenap Bangsa Indonesia, serta memajukan kesejahteraan umum.

“Pada moment Pilkada Serentak ini, hal terpenting peranan pemuda untuk selalu berkontribusi bagi kemaslahan bangsa. Pemuda harus menjadi pionir perubahan,” kata anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS ini.

Menurutnya generasi muda harus terus membina diri untuk siap memimpin di masa yang akan datang, dengan berpegang teguh kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. “Karakter yang perlu melekat pada generasi muda saat ini adalah kreatif dan kontributif terhadap nusa bangsa,” tandas Adang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close