Politik KBB

Dugaan Money Politics, Caleg Nasdem KBB Bakal Diperiksa Gakkumdu

Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha.

KBB, Balebandung.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menindaklanjuti kasus dugaan money politics yang dilakukan caleg Partai NasDem KBB. “Kasusnya sudah terigistrasi dan akan ditindaklanjuti dalam pembahasan dengan Sentra Gakkumdu minggu depan,” ujar Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha kepada wartawan, Jumat (26/4/19).

Cecep mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat pleno di internal Bawaslu KBB. “Kajian awal laporan dugaan money politics seperti menganalisa syarat formil dan materil, jenis pelanggaran, dan pasal pelanggaran yang dilanggar sudah kami lakukan,” sebutnya.

Selanjutnya, kata Cecep, pembahasan di Sentra Gakkumdu akan melibatkan pihak kepolisian, kejaksaan, dan tidak menutup kemungkinan dari pihak saksi dan terlapor akan dimintai klarifikasi.

Sementara itu munculnya dugaan kasus money politics yang dilakukan oleh seorang caleg NasDem dari dapil satu (Padalarang, Ngamprah, Saguling), KBB dianggap telah mencoreng pesta demokrasi. Oleh sebab itu sekitar 10 orang warga mendatangi Kantor Bawaslu KBB untuk memberikan dukungan moral ke lembaga tersebut dalam menuntaskan kasus tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Ketua RW 05 Ahmad Yani mengatakan, salah satu tim sukses caleg tersebut diduga membagikan uang menjelang pencoblosan pada Rabu (17/4).

“Dari informasi dan laporan warga masyarakat kepada saya ada timses caleg Nasdem yang money politic untuk menjadi anggota DPRD KBB,” ujar Yani di Kantor Bawaslu KBB. Ia mengatakan barang bukti itu berupa stiker bergambar caleg Nasdem dan uang Rp 50 ribu.

“Sudah ada yang melaporkan ke saya lima orang warga, tapi saya yakin banyak lagi. Saya juga menilai itu enggak pantas dilakukan caleg karena kesannya tidak dapat menerima apa adanya,” tandasnya. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close