Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarFantastis, Turnamen ISC Edisi Perdana Habiskan Dana Rp375 Miliar

Fantastis, Turnamen ISC Edisi Perdana Habiskan Dana Rp375 Miliar

Logo-ISC-2016-600x400BANDUNG – Kegiatan Indonesia Soccer Championship (TSC) 2016 jadi penyelenggaraan sepak bola menelan biaya tertinggi untuk sekelas turnamen.

Untuk ISC ini akan menghabiskan biaya sekitar Rp375 miliar. Hal itu karena banyak agenda program yang harus dijalankan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dalam jangka waktu sembilan bulan hingga Desember 2016. Selain menggelar ISC A, PT Gelora juga akan menyelenggarakan ISC B (divisi utama), ISC A U-21, Liga Nusantara dan Piala Soeratin.

Sementara sebagai perbandingan, turnamen Piala Presiden lalu, penyelenggaraan menghabiskan dana sekitar Rp 40 miliar, tetapi hanya diikuti oleh klub yang notabene sebelumnya bermain di Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2014.

Torabika juga memecahkan rekor nilai sponsor dalam sepanjang sejarah kompetisi atau turnamen sepak bola nasional. Meski belum ada keterangan resmi, kabar yang beredar di awak media, Torabika menggelontorkan dana sekitar 35 persen dari total kebutuhan turnamen selama 2016 ini. Sisanya, PT Gelora bisa mendapatkan dana tambahan dari sponsor pendukung dan televisi.

Manajer Persib, Umuh Muchtat mengatakan, bisa jadi turnamen ISC ini yang terbesar sepanjang penyelenggaraan turnamen di Indonesia. Klub mendapatkan subsidi dana cukup besar minimal Rp 5 miliar. Belum lagi nanti ada perhitungan berdasarkan dari rating penonton, tambahan dana untuk klub bisa bertambah sehingga total bisa mencapai Rp 9 miliar.

“Ini baru pertama subsidi untuk klub mencapai Rp 5 miliar. Semua elemen masyarakat sepak bola harus mendukung turnamen ini dan klub bisa hidup kembali,” ujar Umuh.

Selain ada bantuan subsidi cukup besar, semua klub dibatasi dalam nilai total kontrak. Minimal total kontrak pemain sebuah klub adalah Rp 5 miliar, sedangkan maksimal Rp 10 miliar. Dengan ada pembatasan ini, keuangan klub menjadi lebih sehat karena dari subsidi saja, beban klub mencari tambahan dana tidak terlalu besar. Klub bisa mencari dari sektor lain sponsor di jersey, tiket pertandingan, dan lainnya.[bar]

Klub peserta ISC A 2016
1. Semen Padang FC
2. Sriwijaya FC
3. Persija Jakarta
4. Persib Bandung
5. Persela Lamongan
6. Persegres Gersik United
7. Arema Cronus
8. Surabaya Bhayangkara United
9. Madura United FC
10. Barito Putera
11. Pusamania Borneo FC
12. Persiba Balikpapan
13. Bali United
14. PSM Makasar
15. PS TNI
16. Mitra Kukar
17. Persipura Jayapura
18. Perseru Serui

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI