Bale Jabar

Gubernur Jabar Akan Beri Santunan Bagi 39 Pejuang Demokrasi di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Jabar dengan Tokoh Lintas Agama, Ketua Ormas, dan Pemimpin Redaksi di Aula Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (22/4/19). by Humaspro

BANDUNG, Balebandung.com – Sebanyak 39 orang petugas meninggal dunia karena kelelahan saat menjadi panitia penyelenggara pemilu 2019.

“Untuk pejuang demokrasi ini, kita akan beri penghargaan karena telah mempertaruhkan nyawa dalam pelaksanaan Pemilu 2019,” ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada wartawan usai silaturahmi bersama Forum Ormas dan Tokoh Agama se Jabar, di Mapolda Jabar, Senin (22/4/19).

Gubernur menyebut di Jawa Barat ada 37 anggota KPPS meninggal dunia akibat kelelahan dalam proses Pemilu dan dua anggota Polri. Ridwan berjanji Pemprov Jabar akan memberikan santunan kepada pejuang demokrasi ini. “Besok kami akan kumpulkan keluarganya untuk diberikan santunan,” ujarnya.

Emil berharap warga Jabar bisa melihat gigihnya perjuangan 39 orang yang kelelahan karena pemilu, sebagai cerminan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kita berduka melihat kegigihan mereka, namun kia juga harus melihat bagaimana mereka berjuang demi pemilu demi demokrasi di Indonesia kita, untuk itu kita patut menjadikan mereka pejuang demokrasi,” papar Emil.

Sementara itu Kapolda Jabar,Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, dua anggota Polri yang gugur saat pengamanan TPS, dinaikan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. “Bagi dua anggota Polri, yang gugur saat bertugas kita berikan pangkat anumerta setingkat lebih tinggi,” kata Kapolda.

Kedua anggota Polri yang gugur, yakni almarhum Aiptu Saepudin Anggota Polsek Cileunyi dan almarhum Aiptu Mashadi anggota Polres Indramayu. “Untuk anggota yang di Cileunyi itu kelelahan usai mengantarkan kotak suara. Sedangkan Aiptu Mashadi karena mobilnya kecelakaan saat mengantar kotak suara,” jelas Irjen Pol Agung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close