Bale JabarHukum

Habib Rizieq Masih Diperiksa Sebagai Saksi

Habib Rizieq bersama rombongannya rehat saat pemeriksaan untuk sholat di Mesjid Polda Jabar. by XV/bbcom
Habib Rizieq bersama rombongannya rehat saat pemeriksaan untuk sholat di Mesjid Polda Jabar. by XV/bbcom

BANDUNG – Polda Jawa Barat masih melakukan penyelidikan terhadap imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq atas dugaan pencemaran nama baik dan penistaan Pancasila yang dilaporkan Sukmawati Sukarnoputri. Habib Rizieq masih diperiksa sebagai saksi atas ceramahnya di Lapang Gasibu 2011 silam.

“Dia (Habib Rizieq) masih kita panggil sebagai saksi. Ini baru penyelidikan, kita masih dalami apakah ada tidak kekuatan hukum untuk kita lanjutkan untuk gelar perkara,” terang Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Jabar, Kamis (12/1/17).

Menindaklanjuti kasus ini, imbuh Yusri, polda sudah memeriksa sejumlah saksi ahli untuk mengetahui adanya unsur pidana dalam barang bukti video yang diberikan pelapor.”Kita sudah periksa tiga saksi ahli yaitu ahli pidana, ahli bahasa dan saksi ahli cyber. Nanti kita akan periksa juga sosiologi dan saksi pelapor, ungkapnya.

Imam besar FPI itu diperiksa atas laporan pencemaran nama baik dan Pancasila yang dilaporka Sukmawati Sukarnoputri. Habib yang melakukan orasinya tersebut pada 2011, lantas baru diketahui pelapor pada 2013 dan dilaporkan pada Oktober 2016 ke Bareskrim Mabes Polri. Oleh Mabes Polri kemudian melimpahkan kasus ini ke Polda Jabar? karena dakwah Rizieq dilakukan di Bandung.

Hingga siang ini pemeriksaan Rizieq masih berlangsung. Dari Informasi yang diterima sampai pukul 10.30 WIB, Habib Rizieq beserta tim masih meminta untuk melakukan klarifikasi dan menyakan pasal-pasal yang akan ditanya kepada Imam Besar FPI itu.

“Pasal yang ditanyakan kepada Habib itu apa aja? Kalau setelah itu dinanti baru dilanjutkan dengan pemeriksaan,” kata Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir yang ikut mengawal pemeriksaan Habib Rizieq. Pemeriksaan Rizieq sempat rehat sejenak untuk sholat dzuhur. Habib Rizieq bersama rombongannya melakukan sholat di Mesjid Polda Jabar.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close