Bale JabarOlahraga

Jelang PON 2016, Tim Pelatda Pencak Silat Jabar Ungguli Sumbar

Logo PON 2016BANDUNG – Meski mendominasi, namun Tim Pelatda Pencak Silat Jawa Barat tetap mengakui Sumatera Barat memiliki kekuatan cukup baiki untuk bisa bersaing di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Demikian dikatakan Pelatih Kepala Tim Pelatda Silat Jabar, Ferry Hendarsin seusai  latih tanding menghadapi tim Sumbar di Padepokan Pencak Silat IPSI Jabar, Kompleks Olahraga Pajajaran, Kota Bandung, Senin  (30/5/2016).

Ferry mengatakan, Sumbar mampu menang dalam dua partai dari sembilan nomor yang diujicobakan. “Kami kalah di dua nomor, tapi dua nomor itu yang bertanding bukan atlet yang sesungguhnya, melainkan atlet yang kelas di bawahnya. Namun demikian, Sumbar tetap memiliki potensi untuk bisa bersaing pada PON XIX nanti,” katanya.

Dari hasil uji coba tersebut, Ferry optimistis bahwa silat Jabar dapat memenuhi target minimal lima medali emas, seperti yang ditargetkan oleh KONI Jabar. Ferry menuturkan, uji coba sebagai rangkaian program menambah jam terbang bertanding para pesilat.

Mengenai tempat uji tanding dilakukan di Bandung, menurut Ferry, saat ini belum ada ajang kejuaraan internasional yang bisa diikuti untuk uji coba ke luar negeri. “Rencana awalnya, uji coba akan dilakukan segitiga antara Jabar, Sumbar, dan Sulut. Namun, karena suatu alasan membuat kontingen Sulut batal  hadir dalam latih tanding ini,” ujar Ferry.

Sementara itu, Sekretaris Umum IPSI Jabar Dede Iman mengatakan, uji coba di dalam negeri justru perlu diperbanyak menjelang PON. Selain menyesuaikan diri dengan kondisi bertanding di kandang, Jabar juga butuh melihat peta kekuatan lawan. Walaupun begitu, menurut Dede, pihaknya memang perlu menyembunyikan sebagian kekuatan yang akan digunakan saat PON. Namun, tidak berarti harus dengan mengirimkan atlet ke luar negeri. “Tidak seluruh kemampuan atlet dikeluarkan, hanya teknik tertentu yang memang sengaja di pertajam penerapannya,” ungkap Dede.

Dede menambahkan, peak performance atlet diharapkan tercapai pada September 2016 nanti. “Menjadi tugas tim pelatih untuk bisa merancang program yang paling tepat agar pada pelaksanaan PON XIX nanti, para pendekar Pasundan tersebut tampil 100 persen demi  mewujudkan target Jabar,” pungkasnya.[bar]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close