Jumat, Oktober 29, 2021
BerandaBale JabarJelang PON, Tim Pelatda Renang Jabar Tampil di Malaysia Open

Jelang PON, Tim Pelatda Renang Jabar Tampil di Malaysia Open

surili-renang-jpgBANDUNG – Sebanyak 16 perenang yang terdiri atas 8 perenang putra dan 8 putri dari pemusatan latihan daerah (Pelatda) Renang Jawa Barat, akan menjajal kemampuan di kejuaraan Malaysia Open Championship pada 3 Mei 2016.

Kejuaraan renang yang akan diikuti oleh negera-negara ASEAN, Asia, dan Asia Pasific tersebut, rencananya berlangsung di Darul Ehsan Aquatic Center atau Shah Alam Selangor, mulai 5 hingga 8 Mei 2016.

Kepala Pelatih Pelatda Renang Jabar Nizaruddin mengatakan, timnya sengaja berangkat dua hari sebelum pertandingan agar bisa beradaptasi terlebih dahulu, baik dengan kondisi cuaca maupun kolam renang yang akan digunakan untuk bertanding. Tujuan try-out ke Malaysia itu, menurut Nizar, bukan untuk mengejar target juara, “Untuk  melihat kesiapan mental dan perkembangan atlet-atlet Pelatda setelah melakukan sentralisasi latihan selama beberapa waktu,” ujarnya.

Dikatakan dia, perkembangan para atlet sejak pertama latihan sudah menunjukan performa yang gemilang, seperti waktu yang dicatatkan saat latihan telah sesuai dengan target. “Bahkan ada beberapa perenang yang telah melampaui catatan waktu pada PON 2012 Riau. Semoga pada Malaysia Open ada perenang Jabar yang bisa menembus catatan waktu olimpiade,” imbuhnya.

Dengan program latihan yang baik serta try-out berkualitas, Nizar optimistis perenang Jabar dapat memenuhi target 12 medali emas pada PON XIX/2016 mendatang. Meskipun target tersebut jauh dari jumlah perolehan medali pada PON 2012, yaitu 22 medali emas, tetapi menurut perhitungannya dengan 12 emas sudah bisa menjadi juara umum pada cabor renang.

Terkait dengan agenda setelah try-out di Malaysia, Nizar mengharapkan tim renang Jabar dapat melakukan training camp di Australia. Alasannya, mulai dari pelatih serta arena latihan yang ada di Negeri Kangguru, sudah cukup familiar bagi perenang Jawa Barat. “Apalagi seorang perenang andalan Jabar, Triadi Fauzi telah berlatih di sana dalam rangka pemusatan latihan menjelang Olimpiade Rio,” sebutnya.

Namun, dia mengakui keinginan berlatih di Australia saat ini masih perlu pembahasan lebih lanjut dengan Pengda Persatuan Renang Seluruh Indonesia dan KONI Jabar.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI