Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBale JabarJuara Umum PON.XX, Ridwan Kamil: Saya Hadir untuk Sampaikan Hari Kemenangan Jabar

Juara Umum PON.XX, Ridwan Kamil: Saya Hadir untuk Sampaikan Hari Kemenangan Jabar

JAYAPURA, BaleBandung.com – Provinsi Jawa Barat akhirnya keluar sebagai juara umum di klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Sukses mengumpulkan 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu, Jawa Barat membawa pulang total 353 keping medali.

Raihan tersebut telah menyamai pencapaian mereka di PON XIX Jawa Barat tahun 2016 silam. Di mana ketika berada di rumah sendiri mereka juga merebut gelar juara umum.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan pencapaian Jawa Barat sebagai juara umum PON XX ini tak terlepas dari kedisiplinan latihan dan pembinaan yang konsisten.

Ia membeberkan, selain dua faktor tersebut, Jawa Barat juga mulai bereksperimen menerapkan sport science.

“Saya hadir untuk menyampaikan hari kemenangan Jawa Barat sebagai juara umum lagi di PON XX,” papar Ridwan Kamil, kepada wartawan, di Jayapura, seperti dilansir laman resmi PB PONXX2021Papua, Jumat.

“Sehingga perolehan medali yang sudah diperoleh telah melebihi semua kontingen dan menjadikan kami sebagai juara umum. Tentu rasa terima kasih dari masyarakat Jawa Barat kepada atlet-atlet kami yang sudah berjuang,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini bahkan optimis dengan pembinaan yang dilakukan oleh Jawa Barat bisa menghasilkan lagi juara umum di PON-PON berikutnya.

“Resep Jawa Barat sebagai juara umum hanya satu, yaitu pembinaan yang konsisten dan kita cari atlet itu seperti pohon dan cari bibit-bibit yang unggul juga melalui kompetisi, dan setelah terpilih ada PPLP juga yang nantinya akan menjadi wadah pembinaan dan kita sudah bereksperimen juga dengan sport science.  Hal-hal itu yang menjadi cara kami dan itu lah yang kami lakukan. kami optimis di PON berikutnya bisa lagi juara umum,” bebernya.

Jawa Barat unggul sebagai peringkat pertama atas Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. DKI Jakarta mengumpulkan 110 medali emas, 91 perak dan 100 perunggu. Disusul Jawa Timur yang juga mengoleksi 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 perunggu.

Sementara Papua sebagai tuan rumah finis di peringkat 4 dengan raihan 93 medali emas, 66 perak dan 102 perunggu.***(dr)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI