Bale Politik

KAIP2B, Minta C1 yang Sudah Diplenokan Segera Diinformasikan Ke Masyarakat

Proses hitung C1 Plano Pileg 2019

BANDUNG, Balebandung.com – Sejumlah advokat yang tergabung dalam Koalisi Advokat Independen Peduli Pemilu Bersih (KAIP2B) meminta lembaga penyelenggara pemilu untuk terbuka dan aktif menginformasikan hasil perhitungan suara ke masyarakat.

Kordinator KAIP2B Fathir R Latif mengatakan bukan hanya hasil perhitungan suara, penyelenggara pemilu harus bergerak cepat dalam merespon berbagai laporan masyarakat.

“KPU di berbagai tingkatan harus aktif menginformasikan hasil perhitungan suara. Selanjutnya Bawaslu yang juga bagian dari lembaga penyelenggara pemilu harus responsif terhadap laporan masyarakat yang melaporkan dugaan pelanggaran pemilu,” ungkap Latif di Bandung, Jumat (26/4/19).

Terkait keterbukaan informasi publik, ia menyebut diantaranya pengumuman C1 yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 3 Tahun 2019 pasal 61.

“Pengaturannya jelas dan rinci model C1-PPWP, C1-DPR, Model C1-DPD, Model C1-DPRD Provinsi, dan Model C1-DPRD Kab/Kota harus ditempel di masing-masing kelurahan dalam waktu 7×24 jam. Intinya perhitungan dari kelurahan yang sudah diplenokan hasilnya harus segera ditempel, ” ungkapnya.

Fatir mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan KAIP2B, pihaknya menemukan beberapa kasus. Salah satunya saksi partai yang tidak mendapatkan C1.

” Seperti yang kami temukan di Cimahi ada saksi partai yang tidak mendapatkan salinan C1. Setelah kami telusuri memang persoalannya administratif. Tapi sekali lagi ini harus direspon cepat karena menyangkut keterbukaan,” bebernya.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengawal penghitungan suara yang masih berlangsung. “Pemilu ini hajat bersama, pesta rakyat, jadi rakyat harus aktif mengawasinya. Dan pada posisi itu kami para advokat juga sama ikut mengawal, ” pungkas Latif.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close