Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBale BandungKalahkan PSIS 0-1, Persib di Puncak Klasmen

Kalahkan PSIS 0-1, Persib di Puncak Klasmen

BANDUNG, Balebandung.com- Persib Bandung berhasil mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 0-1, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (26/10/2021) malam.

Asuhan Pelatih Alberts ini membuktikan tren positif tidak terkalahkan selama sembilan pekan laga Liga 1 2021.

Atas kemenangan itu, Persib ko ini berada di posisi puncak dengan nilai 19 poin, menggeser dua rivalnya sekaligus, Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen dan PSIS dinposisi dua.

Sementara Bhayangkara FC kini di posisi kedua dan PSIS diurutan ketiga.

Di babak pertama PSIS langsung menyerang ke lini pertahanan Persib. Dua peluang didapat Laskar Mahesa Jenar.

Di menit-menit awal PSIS nanyris menjebol gawang Persib. Namun Zalnando dan Teja Paku Alam bisa mengamankan gawang.

Di menit 18, gelandang Persib Mohammed Rashid berdiri bebas saat mendapat umpan dari Marc Klok. Ia langsung melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti. Tapi, bola masih melebar tipis di sisi kiri gawang.

Di menit 30, Febri Hariyadi mendapat peluang untuk mencetak gol. Tapi, bola terlalu deras dan bisa dihalau oleh Joko Ribowo dengan kepalanya. Bola liar disambar oleh Esteban Vizcarra tapi arahnya masih jauh dari sasaran.

Lima menit berselang, serangan bergelombang dilancarkan Persib. Kesempatan pertama didapat Ezra Walian. Tapi bola bisa diblok, begitu juga tembakan dari Rashid beberapa saat kemudian.

Menit 40, Febri melepaskan tembakan kaki kiri yang melesat langsung ke gawang. Sayang sekali, tembakan itu bisa ditepis Joko ke atas mistar.

Pangeran Biru membuat banyak peluang, tapi belum ada yang berbuah gol. Begitu juga PSIS yang sejumlah peluangnya bisa dimentahkan Teja Paku Alam.
Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol tercipta baik dari Persib maupun PSIS.

Di babak kedua, dibawah guyuran hujan deras, Persib terus melakukan penekanan ke pertahanan PSIS. Namun Febri dan kawan-kawan belum membuahkan hasil. PSIS berhasil mengamankan serangan Persib.

Di babak kedua, PSIS melakukan pergantian dengan memasukkan Bruno Silva menggantikan Riyan Ardiansyah. Nampaknya Laskar Mahesa Jenar ingin lebih agresif dalam menyerang.  Selain Bruno, PSIS juga memasukkan Fandi Eko Utomo menggantikan Brian Ferreira. Masuknya Fandi semakin memberi ancaman bagi pertahanan Pangeran Biru. Tapi, Teja Paku Alam bisa mengantisipasinya.

Baru di menit 60 Febri Hariadi memecah kebuntuan. Dengan manfaatkan bola liar, suting keras Febri dari luar kotak penalti, berhasil menjebol gawan PSIS yang dijaga Joko. Kedudukan berubah menjadi 0-1 untuk Persib.

Mendapat 1 gol, Persib nampaknya belum puas, Ezra Wiliam, Febri dan kawan-kawan melakukan penetrasi. Beberapa kali peluang, namun gol tidak tercipta.

Begitu pun PSIS dengan memanfaatkan serangan balik untuk mengejar ketinggalannya, meski banyak peluang tapi serangannya selalu kandas.

Di menit extra time, pemain Persib nyaris menambah gol, setelah pemain depan memanfaatkan kesalahan kiper yang maju ke tengah lapangan. Tapi bola berhasil dihadang pemain belakang PSIS, hingga gawang PSIS pun selamat.

Pergantian pertama di kubu Persib terjadi di menit 68. Geoffrey Castillion masuk menggantikan Ezra Walian. Ini menjadi penampilan kelima striker asal Belanda itu untuk Pangeran Biru di Liga 1 musim 2021/2022.

Castillion harus ditandu ke luar lapangan di menit 78 setelah berbenturan dengan pemain bertahan PSIS. Untungnya, tak ada cedera serius dialami Castillion dan ia kembali masuk ke lapangan.

Di menit 86, Esteban bermanuver di dalam kotak penalti dan bisa melepaskan tembakan. Joko bisa menepis bola, begitu juga usaha dari Wander Luiz dan Rashid. Lima menit berselang, Wander Luiz digantikan oleh Dedi Kusnandar.

PSIS mendapat peluang di menit-menit terakhir dari sepak pojok. Sementara itu, Frets Butuan masuk menggantikan Esteban Vizcarra. Sepak pojok PSIS bisa dikonversi menjadi serangan balik tapi sundulan Febri menyambut umpan Frets gagal menambah keunggulan.

Di menit extra time, pemain Persib nyaris menambah gol, setelah pemain depan memanfaatkan kesalahan kiper yang maju ke tengah lapangan. Tapi bola berhasil dihadang pemain belakang PSIS, hingga gawang PSIS pun selamat.

Hingga Pluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 0-1 untuk kemenangan Persib.

Persib selanjutnya menghadapi Persipura Jayapura, Sabtu (30/10/2021). Sementara PSIS meladeni Bali United sehari berselang.***(dr)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI