Bale KBBPamong

KBB Targetkan 74 Kampung KB

Bupati Bandung Barat Abubakar saat Peringatan Hari Keluarga ke-XXIV Tingkat Kabupaten Bandung Barat  di Lapangan Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Selasa (29/8). by ist
Bupati Bandung Barat Abubakar saat Peringatan Hari Keluarga ke-XXIV Tingkat Kabupaten Bandung Barat di Lapangan Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Selasa (29/8). by ist

CISARUA –  Pemkab Bandung Barat targetkan bentuk 74 kampung Keluarga Berencana (KB). Pembentukan Kampung KB ini diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan ledakan kependudukan.

“Pembentukan Kampung KB ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU Nomor 52 Tahun 2009,” kata Bupati Bandung Barat Abubakar, pada Peringatan Hari Keluarga ke-24 Tingkat KBB di Cisarua, Rabu (30/8/17).

Menurutnya ada empat isu strategis terkait dengan isu kependudukan. Yakni meliputi pengendalian kuantitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, serta pengembangan sistem informasi dan administrasi kependudukan.

Ketua Tim Penggerak PKK KBB Elin Suharliah menanmbahkan Program Kampung KB ini bukan sebagai miniatur dari program dinas terkait semata, melainkan mengandung esensi yang jauh lebih bermakna guna mengentaskan kemiskinan.

“Kemiskinan yang dimaksud bukan hanya kemiskinan secara materi saja, tetapi juga kemiskinan non materi, sehingga terwujud keluarga yang berkualitas dan sejahtera,” tandasnya.

Kampung KB ini merupakan solusi dalam memecahkan masalah penduduk. Hambatan yang masih dihadapi diantaranya usia nikah pertama yang masih rendah yaitu 18,75, total fertility rate (TFR) atau jumlah anak yang dilahirkan oleh perempuan di akhir masa reproduksi yang masih tinggi mencapai 2,3.

“Target terbentuknya Kampung KB sebanyak 74 kelompok ini dalam rentang waktu 2016 sampai 2018,” pungkasnya. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close