Bale Politik

Kerawanan Jelang Pemilu Selalu Ada, Mahfud MD Minta Elit Politik Dinginkan

BANDUNG, Balebandung.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyatakan banyak kerawanan setiap menjelang Pemilu. Karena itu ia meminta elit politik yang mendinginkan.

“Kerawanan selalu ada setiap pemilu. Namun yang berbeda dari Pemilu 2019 yakni rakyat ikut terbawa dalam arus kerawanan itu, dan jika rakyat sudah terbawa, elit politik yang harus mendinginkan,” jelas Mahfud MD usai Dialog Kebangsaan bertema “Milenial dan Partisipasi Politik” di Kampus Universitas Parahyangan Bandung, Kamis (11/4/19).

Mahfud menilai, jika dulu sengketa pemilu itu cukup di tingkat elit saja. “Selesai pemilu, masuk ke meja Mahkamah konstitusi, ya hanya para elit. Kalau sekarang rakyat ikut turun langsung mengawasi, ” imbuhnya.

Diakui Mahfud, jika di pilpres 2019 ini rakyat sudah cerdas dan melek politik. “Sekarang ini rakyat sudah cerdas dan melek politik. Itu yang menjadi pembeda dengan pemilu sebelumnya,” tukasnya.

Dengan adanya kerawanan tersebut, diharapkan para elit politik bisa lebih bijak dan menenangkan rakyat.”Kuncinya di elit politk agar tak ada kerawanan selama pemilu. Untuk penyelenggara seperti KPU Bawaslu, saya kira sudah tersistem bagaimana harus melaksanakan pemilu ini dengan profesional,” paparnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close