Bale JabarOlahraga

Komposisi Tim Tinju Jabar di PON 2016 Masih Mungkin Berubah

Logo PON 2016BANDUNG – Tim Pemusatan Latihan Daerah tinju Jawa Barat kemungkinan besar masih akan melakukan perombakan susunan atlet, sebelum tenggat waktu entry by name pada 17 Juni 2016. Satu petinju putra dan satu putri akan terdegradasi dan digantikan oleh petinju yang lainnya.

Menurut Kepala pelatih Ronald Sigarlaki, kebijakan itu merupakan hasil evaluasi dari program latihan, uji coba, dan data medis para petinju selama ini. “Evaluasi didasari pengamatan pada Sabuk Tinju Emas Bogor, Piala Gubernur Maluku, kejuaraan internasional di Belanda, serta latih tanding bersama tim daerah lain. Semua jadi bahan pertimbangan,” katanya.

Ditambahkan Ronald, selain faktor teknis, faktor nonteknis seperti kondisi fisik dan disiplin ikut menjadi bahan pertimbangan. Termasuk juga rekam data medis dan data absensi atlet. Terkait dengan nama, Ronald belum mau menyebutkan siapa saja yang terdegradasi dan siapa petinju yang dipromosikan sebagai penggantinya. “Kami masih menunggu SK resmi dari Pertina Jabar,” ujarnya.

Namun, Ronald mengakui bahwa pertimbangan utama petunju yang terdegradasi dipicu oleh cedera yang dialami dan mental mereka dalam bertanding. Sebelumnya cedera juga sempat memaksa tim pelatih untuk mengganti Marsha Deva dengan Djein Maleong di kelas 64 kilogram putri, awal 2016 lalu.

Jika pertimbangannya demikian, kemungkinan petinju yang akan terdegradasi adalah Panser Pattinama, Ni Luh Gede Yani atau Gresty Alfons. Ketiganya mengalami cedera pasca bertanding di Eindhoven Boxing Championship, Belanda 13-16 Mei 2016.

Ronny pun menegaskan bahwa promosi dan degradasi murni dilakukan demi pencapaian “Jabar Kahiji”. Atlet yang siap secara fisik, mental, dan memiliki disiplin tinggi yang akan maju ke PON XIX. Pada sisi lain, Ronald memastikan skuad tinju Jabar tetap 16 orang, yang terdiri atas 10 putra dan 6 putri. “Sesuai nomor pertandingan, kami menyiapkan 10 putra dan 6 putri,” pungkas Ronald.[bar]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close