Bale JabarHukum

KPK Bantarkan Terdakwa Neneng Saat Melahirkan

BANDUNG, Balebandung.com – Terdakwa kasus Meikarta, mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin melahirkan anak keempat di Rumah Sakit Boromeus Kota Bandung, Jumat (19/4) lalu.

Kepala Rutan Perempuan Bandung, Lilis mengatakan, Neneng berstatus dibantarkan oleh KPK ke rumah sakit. Neneng dibawa ke RS Boromeus sesuai rujukan KPK Kamis 18 April 2019, menggunakan ambulance milik KPK saat jam kerja.

“Kamis tanggal 18 April lalu kita rujuk dengan status dibantarkan KPK,” papar Karutan Perempuan Bandung, Senin (22/4/19).

Diakui Lilis, kondisi Neneng sendiri tetap sehat sebelum melahirkan. “Pas Pemilu itu udah kelihatan kakinya bengkak, dan kita juga monitor terus perkembangannya,” papar Lilis.

Lilis mengatakan bahwa proses pengajuan sudah sejak jauh hari diajukan oleh Neneng ke Majelis Hakim Tipikor. “Kami pihak Rutan menerima Surat Penetapan Hakim, agar dikembalikan ke KPK, karena posisi tahanan KPK,” ungkapnya.

Terkait berapa lama Pembantaran tersebut, Lilis menjawab itu menjadi kewenanangan KPK. “Itu disesuaikan dengan kebutuhan. Karena yang bersangkutan kondisinya seperti apa juga kan, berapa, lamanya tentatif ,” jelasnya.

Terkait status kehamilan, menurutnya pihak rutan bertanggung jawab kepada tahanan yang hamil. “Karena status tahanan KPK, kami hanya memeriksakan saat di dalam rutan, kan melahirkan di luar rutan jadi bukan tanggung jawab kami,” tukas Lilis.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close