Bale KBBPamong

Libur Lebaran Sampah di Lembang Naik 20%

bb-upt-kebersihan-kbbLEMBANG – Volume sampah di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), selama libur lebaran lalu meningkat hingga 20%. Kenaikan volume itu didominasi sampah yang berasal dari tempat wisata.

“Saat libur lebaran lalu sampah di wilayah Lembang naik 20% jika dibandingkan hari-hari biasa,” kata Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB Apit Akhmad Hanafi, Rabu (5/7/17).

Apit mengatakan dari 25-30 ton sampah perhari di kawasan Lembang sekitar 60 persenya merupakan sampah yang berasal dari sejumlah objek wisata. Persentase sampah dari objek wisata justru lebih banyak dibanding sampah hasil rumah tangga.

Kondisi itu terjadi karena memang di Lembang banyak terdapat tempat wisata, sehingga banyak wisatawan yang datang khususnya di saat musim libur panjang atau libur akhir pekan. Sementara untuk jumlah rata-rata sampah yang dihasilkan dari seluruh wilayah di KBB mencapai 150 ton/hari.

Diakuinya jika dibandingkan kecamatan lain di KBB, sampah dari Lembang adalah yang paling banyak. Untuk itu proses pengangkutannya pun memerlukan waktu yang cukup lama. “Karena keterbatasan sarana armada truk pengangkut, maka hingga kini pengangkutan memang belum bisa maksimal,” pungkasnya. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close