Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBale BandungMTQ ke-XLVI, Bupati: InsyaAllah Tidak Akan Ada Lagi Radikalisme di Kab Bandung...

MTQ ke-XLVI, Bupati: InsyaAllah Tidak Akan Ada Lagi Radikalisme di Kab Bandung  

SOREANG, Balebandung.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XLVI Tahun 2021. MTQ dibuka langsung Bupati Bandung Dadang Supriatna di Gedung Dewi Sartika, Soreang, Jumat (19/11/21).

Dengan kerja sama semua pihak, Bupati Bandung meyakini, MTQ dapat menjadi momen dalam membentuk SDM Kabupaten Bandung yang berakhlakul karimah.

“Jika pemerintah, tokoh agama dan ormas Islam se-Kabupaten Bandung bersatu dalam mengembangkan dan memberikan pemahaman agama kepada masyarakat. Insya Allah, ketakwaan dan keimanan masyarakat akan meningkat, dengan begitu Kabupaten Bandung akan memiliki SDM yang berakhlakul karimah,” ungkap bupati.

Bupati yang akrab disappa Kang DS itu menilai, pemberian nilai-nilai agama sejak dini dapat meminimalisir terjadinya radikalisme di Kabupaten Bandung.

“Kami juga telah menggulirkan program mengaji. Program ini dilaksanakan mulai dari pendidikan dasar seperti TK, SD dan SMP. Jika semuanya kompak, insya Allah tidak akan ada lagi radikalisme di Kabupaten Bandung,” ucap bupati Kang DS.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Kang DS menyampaikan, pelaksanaan MTQ tahun 2022 akan digelar secara bertahap, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra), Erick Juriara menjelaskan, tahun ini Kabupaten Bandung menggelar MTQ ke-XLVI lebih awal. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah daerah agar potensi SDM Kabupaten Bandung tidak diambil kabupaten/kota lain.

“Kami sengaja lebih dahulu menggelar kegiatan ini. Selain mencari potensi SDM lebih awal, ini juga merupakan strategi kami agar para santri tidak diambil untuk memperkuat kabupaten/kota lain,” ungkap Erick.

Asisten menambahkan, MTQ tingkat Kabupaten Bandung akan dilaksanakan pada 19-21 November 2021 di wilayah Kecamatan Soreang.

“Peserta mencapai 446 orang, terdiri dari 193 peserta putra, 189 peserta putri serta official sebanyak 64 orang. Peserta ini merupakan perwakilan dari tujuh daerah pemilihan di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung,” terang Aspem Kesra.

Erick juga menyebutkan, ada tujuh cabang atau golongan musabaqah pada MTQ kali ini, antara lain cabang Tilawah Al-Quran, Hifzhil Quran, Tafsir Al-Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khat (kaligrafi) Al-Quran dan Makalah Ilmiah Al-Quran.

Dalam pelaksanaannya sendiri, lanjut Erick, pihaknya telah mengikuti standar protokol kesehatan (prokes) covid-19.

“Karena masih pandemi Covid-19, jadi penyelenggaraan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran masih menggunakan protokol kesehatan, baik di lokasi acara maupun di tempat tinggal sementara para peserta,” pungkasnya.***(dr)

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI