Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiNama-Nama Jalan Pahlawan di Cimahi Disosialisasikan

Nama-Nama Jalan Pahlawan di Cimahi Disosialisasikan

nama jalanCIMAHI – Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Kota Cimahi menyosialisasikan nama-nama jalan pahlawan yang ada di Kota Cimahi. Pasalnya hingga kini masih banyak warga Cimahi yang belum banyak tahu beberapa ruas jalan di Cimahi yang menggunakan nama para tokoh maupun pahlawan termasuk seluk beluk dan pergerakan tokoh tersebut semasa hidupnya.

Beberapa tokoh yang kini digunakan jalan di Cimahi tersebut yaitu K.H. Usman Dhomiri, Raden Demang Harjakusumah, Raden Mahar Martanegara, Wiganda Sasmita, Raden Embang Artawidjaja, Encep Kartawiria, H.M.S. Mintaredja, dra. Hj. Djulaeha Karmita, Jend (Purn) Amir Machmud, dan  Daeng Muhammad Ardiwinata.

Asisten Administrasi Pemkot Cimahi, Sri Nurul Handayani mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk menyempurnakan penyusunan sejarah 10 tokoh Cimahi yang kini sudah digunakan namanya jadi nama jalan. Penyempurnaan terus dilakukan sambil menunggu masukan-masukan dari berbagai pihak termasuk ahli sejarah.

“Beberapa dokumen terakit tokoh-tokoh itu sulit untuk didapatkan tapi kami akan terus cari sebagai data penguat nantinya,” kata Sri.

Sementara itu Guru besar Ilmu Sejarah, Prodi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Unpad, Prof. Dr. Nina H Lubis dalam sosialisasi sejarah 10 tokoh yang dijadikan nama jalan di Cimahi menyebutkan pada 2006 melalui Keputusanan Wali Kota Cimahi, Nomor 180/Kep.299-Huk/2006, Pemkot Cimahi melakukan penamaan beberapa nama ruas jalan. Keputusan wali kota tersebut, merupakan tindaklanjut dari Peraturan Daerah No. 13 tahun 2006, tentang nama jalan dan sarana umum di Cimahi.

“Sebagai generasi penerus kita tidak perlu memperdebatkan sisi perjuangannya semata. Tapi yang penting bagaimana menghargai dan meneladani perjuangan mereka karena banyak cara menghargai perjuangan para tokoh tersebut salah satunya dengan mengabadikan nama mereka jadi nama jalan,” tuturnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI