Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale JabarPangandaraan Siap Gelar Cabor Berkuda dan Terjun Payung

Pangandaraan Siap Gelar Cabor Berkuda dan Terjun Payung

Logo PON 2016PANGANDARAN – Kabupaten Pangandaran siap menjadi tuan rumah bagi cabang olahraga berkuda dan terjun payung pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. Kesiapan tersebut disampaikan oleh Ketua Sub Panitia Besar PON Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata saat mengadakan rapat koordinasi dengan Tim Monitoring dan Evaluasi serta PIC Bidang-bidang PB PON-Peparnas di Pendopo Kabupaten Pangandaran.

Jeje yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pangandaran tersebut mengatakan, saat ini pembangunan kedua arena beserta sarana dan prasarana pendukung terus dikebut pelaksanaannya dan diharapkan akan tuntas pada akhir semester pertama 2016. Untuk berkuda, Sub PB PON Pangandaran mendapat suntikan dana dari Propinsi Jabar sebesar Rp 7 miliar. Dana tersebut, menurut Jeje, akan dimaksimalkan untuk penyempurnaan Pacuan Kuda Legok Jawa.

Jeje mengakui, memang ada beberapa hal yang mesti disempurnakan, seperti atap istal yang harus ditinggikan, pembangunan tribun penonton, pemapasan bukit batu yang ada di sisi dalam dan luar lintasan,  peninggian pagar pembatas bagian dalam, serta penambahan panjang lintasan. “Pemenang lelang pengerjaan tersebut telah ada sehingga tinggal melakukan proses pengerjaannya”, ujar jeje.

Untuk terjun payung yang terletak di Bandara Nusawiru Parigi, secara umum telah memenuhi syarat. “Namun, memang ada beberapa hal yang perlu dibenahi, yaitu menghilangkan paving block yang ada titik pendaratan, menutup parit, serta  memindahkan beberapa obstacle yang bisa membahayakan atlet dalam proses pendaratan,” tuturnya.

Panitia Pelaksana Pertandingan Berkuda Agus Welianto mengatakan, pacuan kuda Legok Jawa akan menggelar lima nomer pertandingan, yaitu kelas A terbuka jarak 2.200 meter, kelas B terbuka jarak 1.300 meter, kelas c untuk jarak 1.600 meter, kelas D untuk jarak 1.400 meter, dan kelas E untuk jarak 1.200 meter. Terkait dengan fasilitas pertandingan, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Berkuda (Pordasi) Jabar ini mengakui, ada beberapa hal yang harus disempurnakan agar pada pelaksanaan PON nanti bisa berjalan lancar.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI