Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale JabarPanpel Voli Pasir PON 2016 Pakai Pasir Putih Pulau Bangka

Panpel Voli Pasir PON 2016 Pakai Pasir Putih Pulau Bangka

bola-voli-pasirBANDUNG – Sebanyak 1.200 meter kubik pasir putih dibutuhkan untuk arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat cabang olahraga bola voli pasir di Lapang Voli Pasir Sport Jabar Arcamanik. Pasir putih asal Bangka mutlak digunakan, mengacu pada ketentuan standar yang telah ditetapkan.

“Pasir putih dari Bangka sebanyak 1.200 meter kubik kami perlukan untuk lapangan pertandingan dan lapangan pemanasan dengan ketebalan pasir 40 sentimeter, serta untuk cadangan,” kata Aos Azhar, Ketua Panpel Cabor Bola Voli Pasir PON XIX.

Pasir Bangka, jelas Aos, adalah kategori pasir putih dengan spesifikasi yang paling baik di Indonesia untuk pertandingan bola voli pasir. Jika mengenai tubuh pemain, pasir tersebut tidak lama menempel karena tidak memiliki tingkat kepadatan yang tinggi atau tidak menggumpal. Pada cuaca apa pun pasir akan terus terurai, begitu juga dalam keadaan basah.

“Mengacu kepada spesifikasi internasional, pasir putih dari Bangka adalah salah satu yang memenuhi syarat. Mudah-mudahan bulan Juni venue sudah siap,” ujarnya.

Aos menambahkan, selain kebutuhan pasir Bangka, fasilitas yang perlu diadakan perbaikan atau penambahan antara lain lampu. Jika jadwal padat maka penyelenggaraan pertandingan kemungkinan bisa sampai malam. Untuk suksesnya penyelenggaraan, pihak panitia penyelenggara menginginkan ada satu ajang uji coba sebelum menggelar PON. “Kami berharap sebelum PON ada test event terlebih dahulu, sekaligus sebagai uji coba panpel,” ujar Aos.

Sejauh ini, rencana test event tersebut sudah disampaikan secara informal dan disambut baik para calon peserta yang sebagian besar adalah tim yang akan berlaga di PON nanti. Menurut dia, ajang uji coba dijadwalkan bergulir bulan Agustus selama 4 hari. Pada PON XIX nanti, bola voli pasir akan berlangsung selama 8 hari. Pertandingan akan diikuti oleh 16 tim putra dan 16 tim putri.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI