Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

Panwascam Soreang Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Ketua Panwascam Soreang Nanan Kusnandi (kiri) menyampaikan materi sosialisasi pengawasan partisipatif, di Aula Desa Sadu Kec Soreang Kab Bandung,Senin (28/2/18). by aph/bbcom

SOREANG – Pengawasan partisipatif juga merupakan bagian dari salah satu kewajiban masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Soreang Nanan Kusnandi kepada balebandung.com usai pelaksanaan sosialisasi di Aula Desa Sadu Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Senin (28/2/18). Menurutnya Panwascam bukan sebagai seorang eksekutor, melainkan hanya bertugas sebagai mencatat pelanggaran jika ditemukan atau yang dilaporkan oleh peserta pemilu atau masyarakat.

“Selama ini kan masyarakat tahunya Panwas itulah yang menjadi eksekutor jika melihat sejumlah gambar paslon yang masih terpasang sebelum masa kampanye terbuka dimulai. Untuk itu kami sosialisasikan kepada para tokoh masyarakat saat ini, agar merekla juga paham dengan tupoksi dan wewenang yang dilakukan oleh Panwas,” terang Nanan saat menyampaikan materinya.

Pelanggaran yang dilakukan oleh paslon dalam pemasangan alat peraga kampanye, sudah dilayangkan surat kepada pihak Satpol PP selaku penegak Perda. Karena para pemasang alat peraga kampanye telah melangar estetika dan tata ruang kota. “Mereka dinilai pelanggar Perda K3, sehingga satpol PP lah yang harus menertibikannya,” tegas Nanan.

Dalam kegiatan itu sejumlah tokoh yang diundang mengaku sudah memahami sosialisasi yang dilakukan Panwascam Soreang. Salah satunya diakui Ketua TP PKK Desa Pamekaran Hj Illah Iyan Mulyana yang semula hanya mengetahui bahwa yang bertugas mencopoti gambar paslon yang melanggar itu dilakukan Panwas.

“Memang kami awalnya tahu Panwas itu yang mencopoti gambar yang melanggar itu. Namun setelah ikut sosilaisasi ini kami jadi tahu dan siap untuk disampaikannya lagi ke para anggota PKK lainnya di desa kami,”aku Hj Illah. [aph]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close