Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarPB PON 2016 Janjikan Momen Pembukaan Bakal Dikenang

PB PON 2016 Janjikan Momen Pembukaan Bakal Dikenang

Logo PON 2016BANDUNG – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat yang melibatkan kalangan seniman, akan menampilkan karya-karya puncak dari seni tradisional dan kontemporer. Dengan berlandas pada konsep dasar karya penciptaan (kredo), pagelaran diharapkan menjadi dokumentasi yang abadi dan inspiratif.

“Pagelaran seni dan budaya pada upacara pembukaan harus berkonsep sebab hasil karya yang dipersembahkan akan menjadi dokumentasi yang abdi di era digital sekarang. Apalagi yang menyaksikan jutaan orang dan ribuan pasang mata di venue,” kata Aat Soeratin, Koordiantor Penyutradaraan Bidang Upacara PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat, Jalan Cipunagara 25 Kota Bandung.

Konsep dasarnya, kata Aat, bahwa pagelaran merefleksikan masa lalu, sekarang, dan masa mendatang. Masa lalu yaitu menghikmati rasa syukur, masa sekarang adalah transisi, sedangkan masa mendatang adalah proyeksi ke mana tujuan yang ditempuh.

Pada upacara pembukaan nanti, akan banyak melibatkan unsur multimedia di samping tata cahaya, tata suara, tata musik, tata artisktik, dan tata panggung. “Ada unsur penting yang akan kami rancang sungguh-sungguh agar karakter Jawa Barat muncul, yaitu videografi. Dan ini dibuat oleh para ahli di bidangnya masing-masing,” kata Aat.

Aat yang tergabung dalam Tim 9 ingin menampilkan sesuatu yang komunikatif terhadap kelokalan masyarakat hari ini. Dengan olah digital, apa yang divisualkan nanti, misalkan nilai-nilai tradisi yang masuk dalam konsep akan disalin ke dalam format digital. “Dalam kehidupan kita sekarang banyak melibatkan hal-hal yang bersifat digital sehingga pagelaran menjadi akrab tanpa meninggalkan akar budaya Jawa Barat,” ujarnya.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI