Bale Jabar

Pemerintah Kaji Jalur Satu Arah Tol Trans Jawa saat Mudik


Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2019 Bidang Lalu Lintas bersama Kemenhub dan Korlantas Polri, di Aula Barat Gedung Sate, Selasa (7/5/19). by Humaspro

BANDUNG, Balebandung.com – Jawa Barat menjadi salah satu jalur perlintasan sekaligus tujuan pemudik setiap tahunnya. Berbeda dengan tahun lalu, di mudik kali ini pemerintah berencana untuk menerapkan jalur satu arah di jalur tol Trans Jawa KM 29 (Tol Cikampek) sampai KM 260 (Brebes).

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua pemangku kepentingan dapat menyosialisasikan rencana tersebut bila sudah diputuskan. Kebijakan ini diharapkan dapat mengurai kemacetan khususnya di jalur utara Jawa Barat.

“Kami memberikan arahan jangan terulang lagi permasalahan di tahun lalu, ini sudah diantisipasi. Konsep satu arah sedang diatur berapa lamanya, berapa harinya, sedang diatur,” kata Gubernur usai Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019 Bidang Lalu Lintas bersama Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Mabes Polri, di Aula Barat Gedung Sate, Selasa (7/5/19).

“Kuncinya adalah sosialisasi. Jadi, saya apresiasi media kalau nanti sudah diputuskan betul-betul menyosialisasikan konsep baru yang namanya satu arah,” sambung Ridwan.

Rencana kebijakan ini juga terkait pengerjaan beberapa proyek infrastruktur di Tol Cikampek. Untuk itu, Emil juga menambahkan proyek-proyek tersebut akan berhenti sementara pada H-7 dan H+7 Lebaran nanti.

“Tadi sudah diputuskan penghentian proyek, ada empat proyek besar di sepanjang jalur Jakarta menuju Bekasi. Itu H-7 dan H+7 akan dihentikan supaya tidak ada kegiatan,” ungkap Emil.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close