Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarPemkab Subang Siap Sukseskan PON 2016

Pemkab Subang Siap Sukseskan PON 2016

Logo PON Peparnas 2016BANDUNG – Kabupaten Subang yang  kehilangan kesempatan menjadi tuan rumah balap motor PON XIX/2016 Jabar, akan menjadikan hal itu sebagai pelajaran berharga namun tetap komitmen untuk mendukung penyelenggaraan perhelatan olahraga itu. Rencana awalnya Subang akan menjadi tuan rumah balap motor di Sirkuit Gery Mang.

Hal tersebut terkendala dengan pembebasan lahan untuk perluasan dan perpanjangan lintasan balap sehingga pertandingan balap motor dialihkan ke Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya. “Memang sangat kecewa, tapi mau gimana lagi, cukup jadi pengalaman bagi kami,” kata Pelaksana Tugas Bupati Subang, Imas Aryumningsih.

Menurut Imas, pembatalan Sirkuit Gery Mang sebagai lokasi pertandingan PON XIX cabang olahraga balap motor karena kekurangan panjang sirkuit. Dan untuk menambah panjang sirkuit tersebut dibutuhkan pembebasan lahan milik warga. Selain itu, Kabupaten Subang pun akan menjadi perlintasan bagi pertandingan cabang olahraga balap sepeda nomor road race.

Dengan batalnya pertandingan balap motor di sirkuit Gery Mang, kata dia, tidak lantas melunturkan semangat para pembalap motor Subang yang akan membela Jabar di ajang PON XIX pada 17-29 September 2016. “Kendati Sirkuit Gery Mang batal digunakan, tapi pembalap motor Subang harus mampu menjadi juara. Kami akan terus mendukung kiprah para pembalap Subang untuk meraih prestasi maksimal di PON XIX,” kata Imas.

Di APBD tahun 2016, tidak anggaran untuk pembebasan lahan sehingga tidak bisa dilaksanakan untuk pemanjangan sirkuit. Minus cabang balap motor, Kabupaten Subang hanya menjadi tuan rumah bagi pertandingan terbang layang PON XIX yang akan digelar di Lanud Suryadharma Kalijati Subang.

“Tapi kami sudah anggarkan di perubahan, di tahun ini kami sudah bisa lakukan pembebasan lahan sehingga di tahun depan sirkuit Gery Mang layak digunakan untuk pertandingan balap motor tingkat nasional. Untuk terbang layang di Lanud Kalijati, kami sudah siap dan pihak lanud pun sudah sangat mendukung pelaksanaan pertandingan PON XIX,” Imas menambahkan.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI