Bale Jabar

Pemprov Sediakan 12.843 Kursi Mudik Gratis

Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas pemudik peserta program Salembur di halaman Gedung Sate, Sabtu (1/6/19). by Humaspro

BANDUNG, Balebandung.com – Pemprov Jawa Barat menyediakan 12.483 kursi gratis pada musim mudik Lebaran 2019. Kursi mudik gratis itu terdiri dari bus dan kereta api.

Gubernur Ridwan Kamil secara simbolis melepas para pemudik menggunakan 35 bus di halaman Gedung Sate, Sabtu (1/6/19) dalam sebuah acara bertajuk Salembur atau Sasarengan Mudik ka Lembur.

“Hari ini kami melepas pemudik total ada 357 bus dari empat kota: Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi. Ini sebagian saja, kerja sama dari berbagai pihak, memastikan semua dimensi mudik berlangsung dengan lancar. Hari ini yang dilepas rata-rata ke Jawa Tengah dan Timur,” ungkap Gubernur Ridwan Kamil.

Gubernur mendoakan para pemudik sampai ke tempat tujuan dengan selamat. “Saya sangat berbahagia melihat orang lain berbahagia, dan mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan Lebaran dengan nyaman di kampung halamannya,” ungkap Ridwan.

Emil berharap para pemudik ini ketika kembali ke tempat perantauan tidak membawa sanak saudara tanpa bebekal keterampilan dan modal cukup. “Ada pesan kalau bisa jangan bawa rombongan banyak-banyak kembali ke sini (kota), kecuali punya modal dan punya skill yang memadai,” ujarnya.

Keberangkatan dari Kota Bandung, untuk kendaraan bus tersedia jurusan Bandung- Solo, Bandung- Jogja, Bandung -Semarang. Sementara Kereta Api tersedia jurusan Bandung – Surabaya.

Program gratis ini merupakan komitmen Pemprov Jabar menyukseskan mudik Lebaran 2019. Kementerian Perhubungan memprediksi pemudik yang lewat Jabar sebanyak 14,9 juta orang, di antaranya berasal dari Bandung 2,7 juta dan Jabodetabek 3,7 juta. Mayoritas pemudik bergerak ke arah timur melalui Jalur Pantura, sebagian lagi jalur tengah, dan sisanya selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Heri Antasari menjelaskan, program mudik gratis ini selain didanai dari APBD Provinsi juga dari dana corporate social responsibility (CSR) berbagai BUMN yang berbasis di Jabar.

Masing-masing 90 unit bus dari Pemprov Jabar, 10 bus PT Telkom dan 10 bus PT Jasa Marga. Ditambah dari program berbagai daerah yang diintegrasikan, total ada 357 bus mudik gratis di Jabar. Selain bus, Pemprov Jabar juga menyediakan 300 kursi kereta api gratis. Sehingga total ada 12.483 kursi gratis yang dipakai mudik.

Agar program mudik gratis ini lebih menarik, Dishub Jabar menyediakan truk pengangkut motor bagi peserta yang ingin membawa serta kendaraan pribadinya. Satu truk dapat menampung 30-40 sepeda motor.

“Jadi pemudiknya naik bus ataupun kereta, kendaraan roda dua yang masih ingin mereka bawa kita bantu angkut menggunakan truk,” kata Heri.

Tahun depan, rencananya Dishub Jabar akan menambah jumlah kursi guna meminimalisasi kemacetan. “Tahun depan harapannya tambah, karena jadi stimulasi pengurangan kendaraan pribadi untuk mudik,” kata Heri.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close