Bale JabarHankam

Penyebar Hoax Polisi Buka Kotak Suara di Tasik Diamankan

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo saat ekspos di Gedung Ditreskrimsus Polda Jabar, Selasa (23/4/19). by bb7

BANDUNG, Balebandung.com – Pelaku penyebar hoax di media sosial Facebook dan Instagram diamankan Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Jabar, Senin (22/4/19) malam. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo mengatakan pelaku ini menyebarkan konten video berdurasi 1 menit, di akun Facebook-nya.

“Pasca pencoblosan 17 April 2019 lalu, ramai adanya info di Facebook soal polisi ingin membuka kotak suara, di Tasikmalaya. Tim bergerak menyelidiki hal itu, dan menemukan salah satu akun Facebook dengan nama akun “Ampera Cyber”,” ungkap Kabid Humas Polda Jabar saat ekspos di Gedung Ditreskrimsus Polda Jabar, Selasa (23/4/19).

Trunoyudo menambahkan, pelaku ini menyebarkan pula foto dan caption akun Instagramnya. “Terjadi di Indihiang dan Cipedes Tasikmalaya Jabar, Polisi Memaksa Ingin Membuka Kotak Suara, dihadang oleh FPI, Babinsa dan relawan 02”.

“Caption-nya dibuat, dengan foto yang diambil dari IG, atas perbuatannya pelaku ini membuat gaduh suasana saat pemilu ,” jelas Truno.

Pelaku atas nama DMR (26), berprofesi sebagai sekuriti di Jakarta. “Profesinya satpam, namun domisilinya di Ciamis. Pelaku ini alumni salah satu pesantren di Ciamis,” paparnya.

Atas perbuatannya, DMR dijerat pasal 45a ayat (2) Jo pasal 28 ayat (2) UU RI no.19 tahun 2016 tentang perubahan terhadap UU no.11 tahun 2008 tentang ITE dan pasal 14 ayat (1) UU No.1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

“Ancaman hukum kepada pelaku 6 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar dan penjara paling lama 10 tahun,” tandas Kabid Humas.

Wadirkrimsus Polda Jabar, AKBP Hari Brata menambahkan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan Sabtu 20 April lalu. “Ditangkap 20 April lalu, dan kita kembangkan ke Ciamis kemarin ke kediamannya,” jelas Wadirkrimsus.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close