Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale JabarPertandingan Cabor Tarung Derajat Dipastikan Mundur dari Jadwal Awal

Pertandingan Cabor Tarung Derajat Dipastikan Mundur dari Jadwal Awal

Logo PON 2016BANDUNG – Pertandingan cabang olahraga tarung derajat PON XIX/2016 Jabar dipastikan digelar di GOR Pajajaran Kota Bandung, 25-28 September 2016.

“Jadwal pertandingan cabang tarung derajat mundur dari jadwal semula menjadi 25-28 September 2016,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengda Kesatuan Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Barat Budi Rachmat.

Sebelumnya, PB Kodrat telah menjadwalkan pertandingan di GOR  Bandung pada 15-21 September 2016. Namun karena pembangunan GOR Bandung tidak tuntas atau tidak rampung, maka PB PON XIX/2016 memindahkan lokasi pertandingan ke GOR Pajajaran.

Menurut Budi, pengunduran jadwal pertandingan itu merupakan imbas dari pemindahan tempat pertandingan dari sebelumnya di GOR Bandung Jalan Jakarta ke GOR Padjadjaran yang berlokasi di Kompleks Pajajaran Sport Center Kota Bandung.

Pertandingan cabang tarung derajat berbagi tempat pertandingan dengan cabang olahraga wushu yang juga menggunakan GOR itu. Cabang wushu menggelar pertandingan pada 18-21 September.

Surat pemindahan GOR dan perubahan jadwal pertandingan sudah keluar yakni surat PB PON Nomor 4263/037/BID.PERTD.PON/IV/2016 tertanggal 18 April 2016.

Meski harus berbagi tempat dengan Wushu, kata Budi Rachmat tidak menjadi kendala dan sudah disepakati pihaknya akan melakukan pengesetan arena pertandingan wushu menjadi arena pertandingan tarung derajat dalam satu malam.

“Begitu Wushu selesai, kita akan langsung melakukan pengesetan lapangan. Bisa kekejar karena 22-24 September menjadi waktu persiapan termasuk manajer meeting,” katanya.

GOR Pajajaran sendiri tidak asing bagi olahgraga tarung derajat, pasalnya berbagai kegiatan kejuaraan kerap digelar di GOR milik Pemkot Bandung itu.

“Kami memang sudah menyiapkan pengesetan sesuai dengan ruang di GOR Bandung, namun karena dipindahkan kita siap, dan tak masalah karena GOR Pajajaran kerap jadi tempat pertandingan tarung derajat,” kata Budi.

Sejak awal, kata dia sudah diantisipasi. Bahkan dalam penandatanganan kontrak pemakaian GOR di Dinas Pemukiman dan Tata Ruang (Kimrung) Jabar, pihaknya sudah memilih GOR Pajajaran sebagai opsi kedua.

Ia menyebutkan, pertandingan PON XIX/2016 Jabar cabang olahraga tarung derajat akan memperebutkan 17 medali emas yang diikuti oleh 22 provinsi.

Untuk mempersiapkan para wasitnya menjelang PON XIX/2016 Jabar, PB Kondrat akan menggelar pelatihan dan penyegaran bagi para juru pengadil yang akan ditugaskan di PON itu. Mereka akan mendapat pembekalan dan penajaman perwasitan di Kawah Derajat di kawasan Antabaru Kota Bandung dari Guru Utama Tarung Derahat GH Ahmad Derajat.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI