Bale Jabar

Pleidoi Neneng Yasin; Sedih Tinggalkan Anak Masih Kecil

BANDUNG, Balebandung.com – Setelah sebelumnya JPU KPK menuntut mantan Bupati Bekasi agar dihukum tujuh tahun penjara, pada sidang pekan lalu, kini pada sidang dengan agenda pledoi, Pengadilan Tipikor Bandung mendengarkan pledoi tersangka Neneng Hasanah Yasin.

Saat sidang dimulai, Ketua Majelis Hakim Tardi menanyakan kepada Neneng apakah akan membacakan pledoi. “Ya, Yang Mulia,” jawab Neneng, Rabu (15/5) di Ruang Sidang 1 Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung.

Dengan menggunakan pakaian batik motif biru dipadu dengan kerudung biru, Neneng lalu menjelaskan akan membacakan pledoi sebanyak tiga lembar. “Pledoinya tiga lembar yang mulia, ditulis tangan sendiri,” jelasnya. Dalam pembacaan pledoi, Neneng dengan tersedu sedu hingga keluar air mata membacakan pledoinya.

Pembelaan dari saya
Saya berpikir, kurang tepat jika ini merupakan pledoi. Saya tak sedang membela diri. Tak mungkin saya berpikir dari perbuatan ini saya bisa bebas. Mungkin tepatnya minta maaf dan pengakuan atas kesalahan saya.

Sejak proses penyidikan saya melakukan secara koperatif, saya mengakui perbuatan saya. Bahkan saya sudah membuka sejujurnya, saya telah mengembalikan uang kepada KPK, saya mengakui perbuatan saya ini.

Saya lakukan ini karena saya percaya kepada tim penyidik. Memohon, agar hukuman seringan ringannya. Tidaklah mudah bagi saya berpisah dengan keluarga saya. Saya khilaf dan tidak menyangka kondisi ini akan terjadi, saya berharap agar berkenan memberikan hukuman seringan-ringannya.

Hal ini saya lakukan agar saya bisa berkumpul kembali. Anak saya kini berusia enam tahun, lima tahun, satu tahun lima bulan, dan yang keempat baru 26 hari. Ini hukuman berat bagi saya, jauh terpisah dengan mereka, tentu ini membuat efek jera bagi saya.

Saya mohon maaf kepada keluarga saya, staf di Pemkab Bekasi dan masyarakat Indonesia pada umumnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close