Bale Kota BandungHukum

PN Bandung Terima Berkas Buni Yani

Kantor PN Bandung
Kantor PN Bandung

BANDUNG – Pengadilan Negeri Bandung menerima berkas perkara kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan tersangka Buni Yani.

Ada tiga petugas dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat datang ke ruangan Pidana Umum pada Senin (29/5/17) sekitar pukul 12.00 WIB dengan membawa berkas tersebut.

Panitera Muda Pidana PN Bandung, Iyus Yusuf membenarkan pihaknya sudah pelimpahan berkas lengkap kasus terkait penistaan agama tersebut. Iyus menyebut berkas bernomor 674/PID-B/2017/PNBdg itu nantinya akan diproses kurang lebih 10 hari.

“Prosesnya setelah masuk database, SOP naik ke Ketua PN Bandung, dan ditunjuk majelis hakim,” terang Iyus kepada wartawan.

Ditanya terkait pengamanan, pihaknya akan melihat terlebih dahulu dalam sidang perdana nanti. Jika dipandang tidak kondusif, maka akan dilakukan pengamanan lebih. “Jika dipandang tidak kondusif di sidang pertama, kita akan koordinasikan dengan pihak terkait,” kata dia.

Kasus tersebut mencuat ke publik ketika Buni Yani dilaporkan oleh sejumlah pihak akibat mengunggah video pidato Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kepulauan Seribu. Dalam postingan itu, Buni menyertakan keterangan yang dianggap kontroversial ketika Ahok menyebutkan surat Al – Kaidah ayat 51.

Atas perbuatannya, ia dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman maksimal enam tahun penjara atau denda Rp 1 Miliar. Dia disangkakan melanggar UU ITE karena statusnya yang diduga berisi SARA melalui akun Facebook-nya sehingga menimbulkan kebencian.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close