Bale JabarHankam

Polda Jabar Pastikan Tak Ada ‘Pungli’ di Perekrutan Anggota

Mapolda Jabar by xv/bbcom
Mapolda Jabar by xv/bbcom

BANDUNG – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengambil sumpah Panitia Daerah Penerimaan Anggota Polri Polda Jabar, di Aula Djayalaksana, Mapolda Jabar, Selasa (22/2) lalu.

Panitia diharapkan clean and clear dalam proses rekrutmen anggota polisi, serta menutup diri dari praktek pungutan liar. Melalui Assisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Arief Sulistyanto, panitia diberi pengarahan agar bertanggung-jawab, bersih dan transparan merekrut calon anggota Polri yang berkualitas.

“Kita berharap, pihak rekrutmen calon anggota Polri supaya bersih, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab dalam rekrutmen calon perwira polisi,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (23/2/17).

Yusri mengatakan tidak ada pungutan biaya apapun untuk menjadi anggota polisi. “Jadi, masuk polisi tidak dipungut biaya. Untuk menjadi calon anggota Polri, yang diwajibkan itu, mengikuti serangkaian tes seperti tes psikologis, tes jasmani dan rohani mencakup kejiwaan, tes potensi akademik, uji kesamaptaan serta serangkaian tes lainnya,” urai Yusri.

Lebih jauh Yusri mengimbau masyarakat agar tidak percaya dengan bujuk rayu oknum yang menawarkan jasa untuk masuk ke dalam rekrutmen Polri.

“Jangan mudah percaya kalau ada yang mengaku kenal dengan panitia atau pejabat untuk memudahkan masuk polisi. Apabila menemukan oknum polisi yang ikut menawarkan jasa segera laporkan akan kita tindak tegas,” ujarnya.

?Di wilayah Polda Jabar, Polri menunjuk lima pejabat utama dan belasan perwira dan anggota serta pengawas internal dan eksternal, sebagai panitia rekruimen.

Pengambilan sumpah terhadap panitia tersebut bertujuan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada Allah SWT dan komitmen agar menjadi panitia penerimaan yang bersih dan jujur dalam merekrut calon anggota Polri.

Kelima Pejabat utama yang disumpah diantaranya Irwasda Kombes Pol Drs Rusli Hedyaman, Karo SDM Kombes Pol Drs Hindra Susfitri MM, Kabid Propam Kombes Pol Drs Henry Kusmaryanto MA, Kabid Dokkes Kombes Pol dr Priyo Kuncoro MARS. DFM, dan Kabid Humas Polda Jabar.

Yusri menginformasikan bulan Februari- Maret tahun 2017 ini, Polri membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi Indonesia yang berminat menjadi anggota Polri melalui jalur SIPSS, Tamtama, Bintara, Akademi Kepolisian (Akpol), dapat melihat syarat ketentuan pendaftaran melalui website resmi Polri atau dapat mendaftarkan diri langsung ke Polres terdekat atau Polda Jabar.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close