Bale Jabar

Polda Jabar Siagakan 200 Personel Antisipasi Tangkuban Parahu

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi terkini Gunung Tangkuban Parahu di Lembang, KBB, Senin (29/7/19). by Humaspro

BANDUNG, Balebandung.com – Peningkatan status Gunung Tangkuban Parahu dari normal menjadi waspada, Polda Jawa Barat turunkan ratusan porsonel dari Polres Cimahi dan Polres Subang serta Brimob Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut personel yang disiapkan berjumlah 200. “Kita lakukan untuk membantu pengamanan dan bersiaga untuk evakuasi bila kembali terjadi erupsi,” jelas Kombes Trunoyudo, Jumat (2/8/19).

Adapun pasukan yang disiagakan berjumlah satu kompi atau setara 200 personel. “Anggota polisi yang berjaga pun, turut diinstruksikan untuk lakukan patroli di sekitar kawasan Gunung Tangkuban Parahu,” imbuhnya.

Untuk posko pengamatan sifatnya dalam rangka pelayanan dan pengamanan. “Jadi di situ ada Brimob, dari polres dan polsek,”paparnya.

Gunung Tangkuban Parahu kembali menunjukan aktifitasnya pada Kamis (1/8/19) sekitar pukul 20.46 WIB. Ketinggian kolom abu teramati kurang lebihnya 180 m dari dasar kawah. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 11 menit 23 detik.

PVMBG pun telah menaikan tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan dari Level 1 (Normal) menjadi Level II (Waspada).***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close