Bale JabarHankam

Polda Jabar Ungkap Kosmetik Kadaluwarsa Diperjualbelikan

BANDUNG, Balebandung.com – Tim Direskrimsus Polda Jawa Barat mengungkap penjualan kosmetik kadaluwarsa di wilayah Jabar. Dalam pengungkapannya, Polda berhasil mengamankan ribuan merk kosmetik kadaluwarsa yang masih dipasarkan ke masyarakat.

Tim Subdit I Ditreskrimsus Polda Jabar mengungkap kosmetik kadaluwarsa dari ruko dan gudang di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Direskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Samudi menjelaskan modus dari pelaku ini dengan cara merubah barcode produk Kosmetik.

“Jadi, pelaku ini merubah dan menghapus barcode, diganti barcode baru,” jelasn Direskrimsus di Gedung Ditreskrimsus Polda Jabar, senin (9/9/19).

Pelaku menghapus barcode dengan memakai gunting dan tinner, sesudah bersih kemudian dipasang barcode baru yang sudah disiapkan. Pelaku berinisial P ini juga punya empat pekerja dalam usahanya, dengan upah per bulan Rp2-3 juta. Omzet dari usaha kosmetik kadaluwarsa mencapai Rp 10 juta perhari dari 2.000 – 3.000 jenis kosmetik per hari.

“Selama tiga tahun sudah menjalankan aktfvtas ini, sehingga kita mengungkap agar masyarakat tak banyak jadi korban dari kosmetik kadaluwarsa ini,” terang Kombes Pol Samudi.

Penyebaran Kosmetik ini sendiri, dilakukan dengan cara online ke luar daerah dan ke pasar-pasar tumpah atau car free day (CFD). “Dijual ke luar daerah juga seperti Medan dan Surabaya, selain itu juga dijual bebas ke pasar tumpah dan area CFD,” kata Samudi.

P sendiri mendapatkan barang Kosmetik tersebut dari seseorang di Bogor. “Masih kita dalami P ini dapat dari siapa yang di Bogor ini, termasuk dalam penjualan ke luar daerah,” jelasnya.

Pelaku P dijerat pasal 62 ayat (1) Jo. pasal 8 ayat (1) huruf D dan / atau huruf E/atau huruf F dan/ atau huruf g UU RI No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. “Ancaman hukumannya lima tahun penjara,” tandas Samudi.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close