Bale Jabar

Polda Musnahkan 2,6 Kg Sabu dan 15.600 Botol Miras

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memimpin langsung pemusnahan memusnahkan 2.630,47 gram sabu dan ribuan botol miras di lapangan Mapolda Jabar, Selasa (28/5/19). by bb7

BANDUNG, Balebandung.com – Polda Jawa Barat melalui Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar memusnahkan 2.630,47 gram sabu dan ribuan botol miras di lapangan Mapolda Jabar, Selasa (28/5/19).

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memimpin langsung pemusnahan didampingi Wakapolda Brigjen Pol Akhmad Wiyagus. Kegiatan pemusnahan diawali dengan memusnahkan narkoba hasil pengungkapan selama Januari hingga Mei.

Barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan, dilarutkan ke dalam cairan kimia khusus oleh Kapolda Jabar. Pemusnahan narkoba jenis sabu ini lalu diikuti oleh pejabat utama dan pimpinan instansi seperti Kejati, Kakanwil Kemenkumham, BNN, Kodam III Siliwangi, Bea Cukai, Pemprov Jabar serta elemen ulama.

Pemusnahan selanjutnya, dilanjutkan dengan pemusnahan minuman, yakni dengan cara digilas menggunakan stoom walls.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ribuan gram sabu dan belasan ribu botol miras plus 70 jeriken tuak yang dimusnahkan itu merupakan hasil razia cipta kondisi menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

” Kami akan terus melakukan razia baik miras maupun narkotika agar situasi benar-benar aman,” jelas Trunoyudo usai pemusnahan.

Dari pengungkapkan kasus peredaran narkoba jenis sabu itu, ujar Kabid, Ditresnarkoba Polda Jabar menetapkam beberapa orang sebagai tersangka. Antara lain, Haris Samsudin, Yayang alias MBS, Herlambang, Arman, Mohammad, Emon Rahayu, Bagus Supriadi, dan Agus alias Gujrah.

Sedangkan untuk jumlah miras itu ada 15.600 botol miras dan 70 jeriken miras oplosan disita dari beberapa lokasi. “Ini hasil sitaan dari jalan Cikajang Raya, Kecamatan Arcamanik dan Jalan Cisaranten Kulon 3 Krlurahan Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung. Kemudian, Jalan Nanjung, Kampung Cigugur, Margaasih, Kabupaten Bandung, dan Jalan Melong V Nomor 17 RT 03/03, Kelurahan Cijerang, Kelurahan Bandung Kulon, Kota Bandung,” sebutnya.

Dalam pemusnahan ini, barang bukti yang dimusnahkan telah berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan. “Para tersangka terancam hukuman 20 tahun penjara,” tandas Truno.

Berdasarkan penyidikan petugas, wiIayah peredaran narkotika jenis sabu antara lain Kota Bandung, Cimahi, Garut, Soreang, Karawang, Purwakarta dan Subang. Sedangkan untuk wilayah peredaran miras di sekitar Kota dan Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, dan Indramayu.

“Dengan penindakan dan pemusnahan barang bukti narkoba dan miras ini, generasi bangsa yang diselamatkan sebanyak 14.000 orang,” pungkas Kabid Humas.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close