Bale Kota Bandung

Polrestabes Bandung Tangkap 4 Pelaku Pemalsuan Uang Senilai Rp800 Juta

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya saat ekspos kasus pemalsuan uang di Mapolrestabes Bandung, Rabu (28/10/20).

BANDUNG, Balebandung.com – Satreskrim Polrestabes Bandung mengungkap kasus pemalsuan uang, dengan pecahan uang Rp 100.000. Keempat pelaku berinisial KP (25), AS (38), AS (57), MRS (26), diamankan di rumah kontrakan di kawasan Gegerkalong, Kota Bandung pada 13 Oktober 2020.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan para pelaku diamankan berdasarkan laporan masyarakat. “Petugas juga mengamankan barang bukti berupa printer hingga uang palsu pecahan Rp 100 ribu yang apabila ditotalkan senilai Rp 800 juta,” kata Kapolrestabes saat ekpos kasus di Mapolrestabes Bandung, Rabu (28/10/20).

Kombes Pol Ulung menambahkan, Rp 800 juta uang palsu itu lantas ditukarkan dengan uang asli senilai Rp 300 juta. “Uang palsu itu belum sempat diedarkan oleh pelaku, karena keburu terendus oleh polisi,” ungkapnya.

Modusnya, para pelaku saling membagi tugas. Keempat pelaku ini punya peran. Ada yang berperan jadi operator mesin cetak, hingga mencari pendana atau donatur. “Kini, polisi masih mencari dua pelaku lainnya yang disebut bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pemalsuan uang tersebut,” kata Ulung.

Dalam kasus pemalsuan uang ini ada pemesannya yakni seseorang dari Jakarta dan sedang dilakukan penyelidikan. “Sedang dikejar oleh petugas, sampai saat ini belum didapati tapi terus kita kembangkan,” ungkapnya.

Menurutu Kepala Polrestabes Bandung, keempat pelaku disangkakan Pasal 35 ayat (1) juncto Pasal 26 ayat (1) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang dengan pidana penjara 10 tahun, serta Pasal 244 KUHPidana dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close