Bale Kota BandungHankam

Polrestabes Bekuk Pelaku Begal yang Tewaskan Korban

 Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ekspos pengungkapan pelaku begal di Mapolrestabes Bandung, Jumat (7/7/17). by ist
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ekspos pengungkapan pelaku begal di Mapolrestabes Bandung, Jumat (7/7/17). by ist

BANDUNG – Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil mengungkap pelaku begal yang menewaskan Muhammad Alfaris Sukamara (30). Alfaris tewas usai dibegal di kawasan Jalan Ir H Djuanda Dago, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, pada Selasa 20 Juni sekitar pukul 05.30 WIB. Adapun istrinya Rena Hendayati (27) mengalami luka-luka.

Dalam pengungkapan itu, kepolisian mengamankan tersangka inisial MZ alias Mil (23) yang bertindak sebagai eksekutor, dan tiga rekan komplotan lainnya yakni ES (28), CL (27) serta satu perempuan SM (27).

“Kita masih memburu satu lagi DPO, inisial AG alias Tres. Sedangkan eksekutor (Mil) kita tembak di bagian kaki kanannya,” ungkap Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jumat (7/7/17). Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Menurut Hendro, tersangka Mil ini memang kawanan begal yang kerap meresahkan warga Bandung dan sekitarnya. Modus operandi yang dilakukan kawanan ini yakni memepet korban dan tak sungkan melukai jika ada upaya perlawanan saat beraksi.

Saat beraksi di Dago, kata dia, tersangka ini memang sudah mengincar korban Alfaris dan Rena sejak Jalan LL RE Martadinata atau Jalan Riau. Menggunakan tunggangan Honda Sonic, tersangka membuntuti sampai di lokasi yang dirasa aman.

“Pelaku mendekat dan memepet sepeda motor korban dan menarik secara paksa tas korban sehingga sepeda motor korban hilang keseimbangan dan jatuh menabrak tiang listrik,” imbuhnya. Nyawa korban Alfaris tak tertolong usai dua hari ditangani medis di RS Boromeus, Kota Bandung.

Hasil olah tempat kejadian perkara dan pemeriksaan saksi-saksi aparat langsung mengarah pada pelaku Mil ini. Hasilnya pada 3 Juli Mil ditangkap di Jalan Belitung, Kota Bandung. Disusul kemudian komplotan lainnya dan satu DPO AG alias Tres yang bertindak sebagai joki.

Pemeriksaan terhadap tersangka ini, bahwa memang kejahatan jalanan di Kota Bandung kerap diwarnai aksi-aksi Mil dan kawan-kawan. Catatan kepolisian mereka sudah beraksi sebanyak 52 kali yang ada di wilayah hukum Polrestabes Bandung, Polres Bandung dan Polres Cimahi.

“Di Dago sudah melakukan sebanyak 5 kali, Jalan Belitung dua kali, Jalan Soekarno Hatta 8 kali dan beberapa tempat lainnya,” sebut Hendro. Pelaku dikenakan Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukumannya 20 tahun penjara.

Istri korban, Rena Hendayati yang dihadirkan langsung di Mapolrestabes Bandung, mengucapkan terima kasih karena sudah menangkap pelaku yang menghilangkan nyawa suaminya. Dia berharap pelaku bisa dihukum setimpal dengan apa yang diperbuat.

“?Terima kasih pada kepolisian yang sudah menangkap pelaku. Semoga pelaku satu lagi bisa ditangkap bisa dihukum seberat-beratnya. Karena tetap saja meskipun hukumannya berat, enggak sebanding dengan apa ang dilakukan. Saya ucapkan terima kasih yang sudah bantu. Semoga kedepannya ga ada lagi tindakan kriminal seperti yang saya dan suami saya alami, agar ngga ada korban selanjutnya,” tutur Rena.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close