Bale Kab Bandung

Positif Covid-19, ASN Dispakan Kab Bandung Kondisinya Membaik

Kadinkes Kab Bandung Grace Mediana. iwa/bbcom

SOREANG, Balebandung.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami membenarkan seorang ASN Pemkab Bandung berinisial RD, dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan test swab beberapa waktu lalu.

Menurut Grace, dugaan tertularnya pasien PNS Pemkab Bandung ini berawal saat salah satu kepala bidang di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat dinyatakan meninggal akibat Covid-19.

“Setelah mendapat informasi tersebut, kami langsung melakukan tracing di Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung karena diduga salah satu ASN di sana sempat melakukan kontak erat dengan almarhum kabid tersebut,” jelas Grace kepada wartawan, Rabu (27/7/2020).

Grace menambahkan, setelah seluruh pegawai di Dispakan Kabupaten Bandung tersebut melakukan swab test, ternyata ada satu yang dinyatakan positif dan segera di isolasi di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Cimahi.

“Atas permintaan yang bersangkutan, sekarang beliau di isolasi di BKPSDM Cimahi, dan kondisinya membaik, karena beliau termasuk OTG. Namun semua pegawai yang memiliki kontak erat dengan beliau saat ini kami sarankan melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Setelah dinyatakan ada satu yang positif, pihak Dinkes Kabupaten Bandung langsung melakukan swab kedua, dan saat ini masih menunggu hasilnya.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung, Dadang Hermawan menyatakan, semua pegawai Dispakan sudah melakukan swab test kedua pada Jumat (24/7) lalu. Sejak itu pegawai Dispakan harus melakukan work from home (WFH) sampai hasil swab test kedua keluar.

“Sementara sebagian pegawai melakukan WFH dulu sampai hasil swab kedua keluar, sebagian lagi ada yang piket,” jelasnya.

Bupati Bandung Dadang M Naser menuturkan penularan Covid-19 ke salah satu ASN di Dispakan Kabupaten Bandung terjadi saat rapat dinas di Provinsi Jawa Barat yang turut dihadiri Dispakan Kabupaten Bandung.

“Virus tersebut menyebar kepada beberapa pegawai Pemkab Bandung yang ikut serta dalam rapat dinas tersebut. Salah satu yang terdampak Covid-19 saat ini, waktu itu sedang terjangkit flu. Kendati begitu menurut bupati pertumbuhan dan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung angkanya masih relatif terkendali. *** (Aby)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close