Bale Jabar

Prajurit Kodam Antisipasi Kekeringan di Hulu Citarum

BANDUNG, Balebandung.com – Prajurit Kodam III Siliwangi melakukan langkah antisipasi kekeringan di hulu Sungai Citarum, yang berada di Km 0 Citarum di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, antisipasi dilakukan dalam mengantisipasi datangnya kemarau.

“Melalui Satgas Citarum Harum, saya perintahkan Dan Sektor di hulu Citarum melakukan upaya pencegahan agar kekeringan tidak meluas,” kata Pangdamdi Mapolda Jabar, Jumat (5/7/19).

Pangdam mencontohkan, salah satunya para prajurit akan melakukan sistem infus melalui jerigen air. “Jadi, setiap pagi prajurit membawa jerigen air dipunggungnya, lalu disiramkan ke tanaman dan tanah di sekitar Km 0 tersebut, dan dilakukan sistem infus ke tanah yang dilakukan setiap hari,” paparnya.

Pangdam mengakui Kekeringan di hulu Citarum sudah dirasakan sejak pasca lebaran. “Memang penanganan Citarum itu kompleks. Di tahun kedua ini Kodam III Siliwangi berencana melakukan sedimentasi, namun belum bisa terlaksana karena masih ada permasalahan sampah. Namum kami optimis, dan prajurit TNI tak boleh mudah menyerah, kita akan terus melakukan pembenahan Citarum,” papar Mayhen Tri.

Diakui Pangdam, dengan Kepres Satgas Citarum selama tujuh tahun, sungai yang sebelumnya disebut sungai terkotor di dunia, nantinya bisa dibuktikan kealamiannya, kebersihannya dan keasriannya.

“Tentu pekerjaan ini semua bukan hanya dibebankan ke TNI saja, semua pihak harus bersatu menjadikan Citarum Harum, terutama masyarakat,” pungkas Pangdam.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close