Bale JabarPendidikan

Ridwan Kamil Evaluasi Keberadaan SMK

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Jabar Masa Jabatan 2019 – 2024 di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (17/7/19). by Humaspro

BANDUNG, Balebandung.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar Dewan Pendidikan mengevaluasi keberadaan SMK, yang dinilai jadi salah satu penyumbang pengangguran di Jawa Barat saat ini.

“Tugas lima tahun ke depan saya titipkan agar indeks pendidikan di Jawa Barat meningkat, terus berinovasi, khususnya yang terdekat adalah mengevaluasi pendidikan SMK,” tandas gubernur saat mengukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019- 2024 di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (17/7/19).

Maka itu, sepanjang 2019 akan dilakukan evaluasi dan berbagai pencermatan. Nantinya, hasil evaluasi tersebut akan jadi acuan untuk 2020.

“Apakah ada yang sebagian dibubarkan, sebagian didisposisi, didirikan baru, SMK harus sesuai dengan arah ekonomi. Supaya keterserapannya terhadap dunia kerja makin tinggi,” jelas Ridwan Kamil.

Selain itu, Emil juga meminta Dewan Pendidikan agar jadi jembatan bagi anak-anak putus sekolah. Dia pun berencana membuat tim khusus guna menelusuri dan menjaring anak- anak putus sekolah agar bisa melanjutkan pendidikan.

Bahkan, dalam waktu dekat, Pemprov Jabar akan memulai proses beasiswa untuk tingkat Universitas. Menurutnya, telah disediakan anggaran sekisar Rp 50 miliar untuk warga Jawa Barat yang berkeinginan melanjutkan sekolah di level Perguruan Tinggi.

“Tentu tidak sederhana, karena pendidikan tanggung jawab semua pihak. Tugas Pemerintah adalah mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Emil.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close