Bale Jabar

Ridwan Kamil Tetapkan 8 Wilayah di Jabar Zona Merah Corona

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan secara simbolis 1.000 APD kepada lima direktur utama rumah sakit rujukan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (21/3). by Humas Jabar

BANDUNG, Balebandung.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan delapan wilayah sebagai zona merah Covid-19. Hal itu berdasarkan sebaran data pasien positif Corona di wilayah tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan wilayah berzona merah itu adalah Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

“Zona merah ini adalah wilayah-wilayah yang sudah ada warganya secara medis dinyatakan positif,” kata gubernur di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (21/3/20).

Kendati demikian, Emil mengatakan, dirinya tidak mau menggunakan istilah zona merah. Sebab menurutnya, hal tersebut akan membuat kepanikan untuk masyarakatnya.

“Definisi ini masih akan kita terjemahkan mungkin istilahnya bukan zona merah, tapi zona yang terpapar secara positif karena wilayahnya sangat luas, sehingga tidak memperpanik keluarga juga. Jadi zona yang wilayahnyanya terpapar warganya secara domisili positif corona,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Emil pun mengaku akan lebih memperhatikan wilayah-wilayah yang warganya lebih banyak terjangkit positif corona.

“Sehingga bantuan logistik, kewaspadaan, komunikasi, pengetesan proaktif akan banyak dilakukan di zona-zona yang terpapar positifnya banyak,” tandasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close