Bale Kab Bandung

Satgas Citarum Harum Sektor 8 Tindak 5 UKM Pencemar Lingkungan

Dansektor 8 Satgas Citarum Harum Kol Inf Belyuni Herliansyah (tengah) saat sidak ke perusahaan UKM di wilayah Margaasih Kab. Bandung, Rabu (15/1/20).

MARGAASIH, Balebandung.com – Sebanyak lima perusahaan usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung diberi pembinaan oleh Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 8.

Sektor 8 menemukan limbah yang sengaja dibuang secara langsung ke parit yang ada di pinggir bangunan lima perusahaan itu pada Jumat (10/120) lalu.

“Kita lakukan penutupan paksa sementara terhadap saluran pembuangan limbah dari lima perusahaan UKM tersebut, sampai mereka bersedia membuat instalasi pengolahan air limbah (Ipal). Kita juga lakukan pembinaan kepada mereka, dibantu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung,” ungkap Dansektor 8 Satgas Citarum Harum Kol Inf Belyuni Herliansyah, Rabu (15/1/20).

Kol Inf Belyuni menjelaskan, berdasar laporan masyarakat sekitar, limbah dari perusahaan UKM itu mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat. “Jadi, mendapat laporan warga tersebut, kami langsung melakukan sidak,” kata Dansektor.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak sungkan-sungkan untuk melaporkan apabila ada pabrik yang nakal melakukan pembuangan limbah secara langsung ke sungai. “Bagi masyarakat bisa melaporkan pabrik yang membuang limbah yang mencemari sungai, akan kami beri reward,” pungkasnya. *** (RA)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close